Kamis, 22/11/2018 17:24 WIB

Waspada, Berikut Masalah Kesehatan Seksual yang Berbahaya

Kesehatan seksual sebagai keadaan fisik, emosional, mental, dan kesejahteraan sosial dalam kaitannya dengan seksualitas.

(Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan seksual sebagai keadaan fisik, emosional, mental, dan kesejahteraan sosial dalam kaitannya dengan seksualitas. Ini adalah kemampuan untuk merangkul dan menikmati seksualitas kita sepanjang hidup kita. Berikut dijelaskan beberapa jenis masalah kesehatan seksual yang perlu Anda hindari.

Chlamydia
Chlamydia adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Ini salah satu PMS yang paling umum yang bisa Anda dapatkan dari kontak seksual dengan orang lain. Chlamydia dapat dengan mudah disembuhkan, tetapi jika tidak ditangani pada perempuan, dapat menyebabkan kerusakan permanen yang serius pada sistem reproduksinya sehingga sulit bagi ia untuk hamil nanti.

Luka dingin
Luka dingin, juga disebut demam lecet, adalah lepuhan kecil yang disebabkan oleh virus herpes simplex yang berkembang di bibir atau di sekitar mulut dan biasanya hilang tanpa perawatan dalam 7 hingga 10 hari. Ini dapat muncul di mana saja di tubuh Anda dan setelah lecet terbentuk. Anda mungkin memperhatikan bahwa luka ini pecah dan mengeluarkan cairan. Kerak kuning atau keropeng menumpuk dan akhirnya jatuh, mengungkapkan kulit baru di bawahnya.

Kutil kelamin
Kutil kelamin adalah pertumbuhan lunak yang muncul pada alat kelamin, yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Pertumbuhan kulit ini dapat menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan, dan gatal-gatal dan sangat berbahaya bagi wanita karena beberapa jenis HPV juga dapat menyebabkan kanker serviks dan vulva. Perlindungan dan pengobatan sangat penting dalam mencegah infeksi ini.

Gonorea
Gonore adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Ini lewat dari orang ke orang melalui seks oral, anal, atau vaginal tanpa kondom dan cenderung menginfeksi area tubuh yang hangat dan lembab, termasuk: rektum, uretra, vagina, tenggorokan, atau mata. Perlindungan terbaik terhadap infeksi adalah monogami dan penggunaan kondom yang tepat.

Herpes
Herpes adalah infeksi yang disebabkan oleh HSV (virus herpes simplex) yang mempengaruhi genitalia eksterna, daerah anus, permukaan mukosa, dan kulit di bagian lain dari tubuh. Ada dua jenis virus herpes simplex; HSV-1: juga dikenal sebagai herpes oral yang menyebabkan luka dingin di sekitar mulut dan di wajah dan HSV-2: juga dikenal sebagai herpes genital, bertanggung jawab atas wabah di sekitar area genital.

HIV/AIDS
HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh, pertahanan alami tubuh kita terhadap penyakit, dengan menghancurkan sel-sel penting yang melawan penyakit dan infeksi. AIDS (acquired immune deficiency syndrome) bukanlah virus tetapi serangkaian gejala yang disebabkan oleh virus HIV. Dengan kata lain HIV, adalah virus yang menyebabkan AIDS.

HPV
Human papillomavirus (HPV) adalah infeksi menular seksual yang paling umum di Amerika Serikat yang melewati kulit ke kulit melalui hubungan seksual atau bentuk kontak kulit-ke-kulit lainnya dari alat kelamin. Ada banyak jenis HPV dan beberapa jenis menyebabkan masalah kesehatan termasuk genital warts dan kanker.

Mononukleosis
Mononukleosis infeksiosa (mono), sering disebut penyakit ciuman, adalah infeksi yang biasanya disebabkan oleh virus Epstein-Barr. Virus menyebar melalui air liur, dan kebanyakan terjadi pada remaja dan dewasa muda, namun Anda bisa mendapatkannya pada usia berapa pun. Beberapa gejala mono termasuk, demam, sakit tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit kepala, kelemahan otot dan kelelahan. More in MononucleosisKomplikasi MononukleosisApa itu Virus Epstein-Barr? Apa itu Mononukleosis?

PID
Penyakit radang panggul (PID) adalah infeksi organ reproduksi wanita yang terjadi ketika bakteri menular seksual menyebar dari vagina ke rahim, saluran telur atau indung telur. Beberapa jenis bakteri yang berbeda dapat menyebabkan PID, termasuk bakteri yang sama yang menyebabkan infeksi menular seksual (IMS) gonore dan klamidia. Lebih lanjut di PID Apakah Penyakit Peradangan Panggul (PID)?

STD
PMS adalah penyakit yang ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak seksual, ”kata perwakilan dari CDC.

Sifilis
Sifilis adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh infeksi dengan bakteri yang dikenal sebagai Treponema pallidum, menyebar terutama oleh aktivitas seksual, termasuk seks oral dan anal. Sifilis dibagi menjadi beberapa tahap; primer, sekunder, laten, dan tersier, dan memiliki tanda dan gejala berbeda yang terkait dengan setiap tahap.

Trichomoniasis
Trichomoniasis atau "trich" adalah penyakit menular seksual (STD) yang sangat umum yang disebabkan oleh organisme protozoa satu sel yang disebut Trichomonas vaginalis. Trikomoniasis menyebabkan keputihan yang berbau busuk, gatal kelamin dan buang air kecil yang menyakitkan pada wanita, sementara pria biasanya tidak memiliki gejala trich.

TAGS : seks hubungan PMS HIV Aids




TERPOPULER :