Selasa, 25/09/2018 16:29 WIB

Kebiasaan Bayi Baru Lahir yang Harus Anda Tahu

Sebelum persalinan Anda harus mengetahui banyak tentang bayi baru lahir.

Ilustrasi bayi baru lahir.(Foto : Google)

Jakarta - Bayi baru lahir biasanya tidur sampai 16 sampai 17 jam sehari. Menghabiskan banyak waktu untuk tidur adalah hal lumrah bagi bayi. Bayi baru lahir masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan hal baru. Berikut akan dibahas mengenai kebiasaan-kebiasaan bayi baru lahir. Agar, Anda tidak khawatir saat bayi sudah lahir nanti.

Lebih Banyak Tidur
Rata-rata bayi baru lahir banyak tidur siang dan malam, terbangun hanya untuk menyusu setiap beberapa jam. Seringkali sulit bagi orang tua baru untuk mengetahui berapa lama dan seberapa sering bayi yang baru lahir harus tidur. Umumnya, bayi yang baru lahir tidur sekitar 8 sampai 9 jam di siang hari dan sekitar 8 jam di malam hari.

Kebanyakan bayi tidak mulai tidur sepanjang malam (6 sampai 8 jam) tanpa terjaga sampai usia minimal 3 bulan, atau sampai beratnya 12 sampai 13 kilogram. Namun, ini sangat bervariasi dan beberapa bayi tidak tidur sepanjang malam sampai mendekati 1 tahun. Bayi yang baru lahir dan bayi muda memiliki perut kecil dan harus bangun setiap beberapa jam untuk makan.

Menyusu
Bayi yang baru lahir sering menyusu tapi ini bukan masalah yang harus dipecahkan, karena ini adalah hal wajar. Perut bayi baru lahir cukup kecil, jadi bisa dimengerti bahwa dia perlu sering makan. Bayi yang diberi susu formula mungkin perlu makan sedikit lebih sering daripada bayi yang diberi ASI, karena dibutuhkan bayi yang baru lahir untuk mencerna dan memecah formula, sehingga bayi merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Susu ASI, di sisi lain, dicerna dengan cukup cepat.

Gumoh
Jangan panik jika melihat si kecil gumoh. Gumoh adalah hal umum yang terjadi pada bayi baru lahir. Dimana bayi akan memuntahkan lagi ASI atau susu yang sudah ditelan. Gumoh menandakan bahwa si bayi kekenyangan Ibu, jadi kelebihan ASI/susu tadilah yang dimuntahkan. Agar hal ini tidak sering terjadi maka jangan memberi ASI terlalu banyak, meskipun sedikit-sedikit tapi sering dan ingat, setelah menyusu usahakan bayi bersendawa.

Buang Air
Ini nih kebiasan bayi baru lahir yang kadang bikin Anda kesal. Berbeda dengan orang dewasa, bayi baru lahir lebih sering buang air besar (BAB) dan buang air kecil (BAK). Bayi usia 0-6 bulan frekuensi BAB nya biasanya satu sampai tujuh kali bahkan ada juga bayi hanya satu sampai dua kali per dua hari. Jika frekuensi lebih dari tujuh kali perhari atau tidak BAB selama dua hari, mungkin ada masalah pencernaan.

Menangis
Menangis adalah salah satu cara bayi berkomunikasi dengan orang lain, karena belum punya keterampilan bicara. Bayi baru lahir akan menangis saat ia merasa tidak nyaman, lapar, lelah, mengantuk, kolik dan sakit. Anda harus belajar mengetahui jenis tangisan bayi agar tahu bagaimana mengatasinya.

TAGS : kebiasaan bayi tidur ibu parenting




TERPOPULER :