Kamis, 22/11/2018 01:40 WIB

Tips Mengelola diabetes Usai Lebaran Idul Fitri

Hidangan yang enak dan berlimpah saat Lebaran menjadi tantangan bagi penderita diabetes.

Ilustrasi cek gula darah untuk memastikan kadar gula darah normal.

Jakarta - Hari yang ditunggu-tunggu bagi umat Islam di seluruh dunia ialah Idul Fitri. Setelah satu bulan berpuasa tiba saatnya merayakan hari kemenangan dengan berbagai hidangan lezat. Godaan ada di mana-mana. Undangan dan perjalanan mengganggu rutinitas sehari-hari dan semuanya berlangsung selama berminggu-minggu.

Nah ini menjadi tantangan bagi penderita diabetes. Anda mungkin khawatir tentang semua yang harus Anda lakukan untuk merawat diri sendiri, seperti memeriksa kadar gula darah lebih sering, membuat pilihan makanan sehat, menjadi aktif secara fisik, dan membuat keputusan lain tentang kesehatan Anda.

Berikut tips mengelola diabetes setelah Lebaran Idul Fitri.

1. Mengontrol makanan
- Makanlah dekat dengan waktu Anda yang biasa untuk menjaga gula darah Anda tetap stabil. Jika makanan Anda disajikan lebih lambat dari biasanya, makanlah camilan kecil pada waktu makan yang biasanya dan makanlah sedikit lebih sedikit saat makan malam disajikan. 
- Diundang ke pesta? Tawarkan untuk membawa hidangan sehat bersama. 
- Jika Anda memiliki makanan manis, kurangi karbohidrat lain (seperti kentang dan roti) selama makan.
- Jangan melewatkan makan untuk mempersiapkan perut saat pesta. Akan lebih sulit untuk mengendalikan gula darah, dan Anda akan benar-benar lapar dan lebih mungkin untuk makan berlebihan. 
- Jika Anda terjebak dengan banyak makanan padat gula, segera kembali ke makan sehat dengan makanan berikutnya. 

2. Peretasan liburan
- Pisahkan aktivitas fisik menjadi bagian yang lebih kecil sehingga sesuai dengan jadwal Anda, seperti berjalan 10 menit beberapa kali sehari. 
- Jadwalkan beberapa waktu "saya" setiap hari - tidur siang, anjing berjalan, atau mandi air panas untuk mendapatkan energi Anda kembali untuk perayaan berikutnya. 

3. Akali prasmanan 
Saat Anda menghadapi banyak makanan yang lezat, buatlah pilihan sehat lebih mudah: 
- Miliki sepiring kecil makanan yang Anda sukai dan kemudian menjauh dari meja prasmanan. 
- Mulailah dengan sayuran untuk menghilangkan selera makan Anda.
- Makan perlahan. Diperlukan setidaknya 20 menit agar otak Anda menyadari bahwa Anda sudah kenyang. 
- Hindari atau batasi alkohol. Alkohol dapat menurunkan gula darah dan berinteraksi dengan obat diabetes

4. Makanan favorit dan tepat
Pilih hidangan yang benar-benar Anda sukai dan tidak bisa Anda dapatkan sepanjang tahun. Perlambat dan nikmati porsi kecil, dan pastikan untuk menghitungnya dalam rencana makan Anda. 

5. Terus bergerak 
Anda punya banyak hal di piring Anda sepanjang tahun ini, dan aktivitas fisik bisa penuh sesak. Tetapi menjadi aktif adalah senjata liburan rahasia Anda; itu dapat membantu menebus makan lebih dari biasanya dan mengurangi stres selama waktu yang paling menegangkan ini. Bergerak bersama teman dan keluarga, seperti berjalan-jalan setelah makan siang. 

6. Tidur yang cukup
Lebih sering keluar dan bepergian berarti mengurangi tidur Anda. Kehilangan waktu tidur dapat membuat lebih sulit untuk mengontrol gula darah Anda, dan ketika kurang tidur Anda akan cenderung makan lebih banyak dan lebih suka makanan tinggi lemak, tinggi gula. Bidik selama 7 hingga 8 jam per malam untuk menjaga diri dari makan tanpa berpikir.

Yang paling penting, ingatlah apa musim ini tentang merayakan dan berhubungan dengan orang-orang yang Anda sayangi. Ketika Anda lebih fokus pada kesenangan, lebih mudah untuk kurang fokus pada makanan. Periksa kadar gula darah lebih sering selama liburan, dan jika Anda minum obat, tanyakan kepada dokter Anda jika jumlahnya perlu disesuaikan.

TAGS : tips lebaran idul fitri diabetes gula darah




TERPOPULER :