Jum'at, 21/06/2019 04:20 WIB

Tips Mengatasi Ruam Penggunaan Popok Dewasa

Berikut beberapa cara mencegah ruam karena popok dewasa.

Ilustrasi menahan kencing.(Foto : Google)

Jakarta - Popok identik bagi bayi agar tidak bocor saat buang air kecil dan buang air besar. Tapi ternyata popok tidak hanya tersedia bagi bayi, sekarang orang dewasa pun dapat memakai popok. Hanya saja masih banyak orang dewasa enggan memakai popok dewasa dengan alasan malu atau segan.

Dengan memakai popok membantu Anda agar aktivitas tetap lancar dan terbebas dari rasa khawatir karena urine mengotori pakaian, sprei atau peralatan lain. Hanya saja pengguna popok dewasa harus waspada dengan ruam yang bisa muncul di organ intim.

Urine yang menempel pada kulit terlalu lama dapat mengganggu kadar pH hingga membuat kulit lebih rentan terhadap jamur. Berikut beberapa cara mencegah ruam karena popok dewasa.

1. Periksa berkala
Setiap tiga jam periksalah popok Anda, segera ganti jika sudah terlalu basah untuk mencegah munculnya ruam. Umumnya dalam satu hari, popok dewasa perlu diganti hingga delapan kali.

2. Jaga kebersihan
Bersihkan dengan seksama alat kelamin dan bagian tubuh lain yang terkena urine dengan air hangat. Lalu, gunakan sabun yang lembut, hindari produk yang mengandung pengharum atau alkohol untuk menjaga kelembapan kulit.

3. Keringkan kulit
Segera keringkan kulit setelah dibersihkan dengan handuk kering. Jangan menggosok terlalu keras.

4. Gunakan antiseptik
Jika kulit tampak kering karena penggunaan sabun, ganti dengan produk antiseptik ringan atau pembersih lain yang tidak memerlukan air. Jika tersedia, pilih yang memiliki pH (sifat asam dan basa) seimbang dan antimikroba.

5. Mengatasi ruam popok
Jika muncul ruam, krim yang terbuat dari aloe vera atau lidah buaya dapat dimanfaatkan. Anda juga dapat menggunakan salep hidrokortison untuk meredakan pembengkakan.

6. Konsultasi ke dokter
Apabila dianggap perlu, konsultasikan dengan dokter agar dapat memberikan krim antibiotik atau antijamur untuk mengatasi infeksi. Untuk salep atau krim yang mengandung steroid,selalu gunakan jika direkomendasikan dokter.

 

TAGS : Popok Dewasa Mengatasi Ruam Tips Kesehatan




TERPOPULER :