Rabu, 21/11/2018 15:54 WIB

Ketombe Bikin Galau? Ini Lima Cara Alami Mengatasinya

Memiliki ketombe tentu saja sangat tidak menyenangkan karena sering membuat kita tidak percaya diri dan tidak bebas memakai baju berwarna gelap.

Minyak zaitun dipercaya mengatasi ketombe secara alami (Foto: Ilustrasi/TMSC)

Jakarta - Selain tentu saja tidak percaya diri, memiliki ketombe juga membuat rambut kita gatal dan membuat perilaku kita sedikit memalukan karena kita sering menggaruk-garuk kepala.

Ketombe dapat muncul akibat kulit kepala yang kering, peradangan pada kulit kepala, penumpukan sel kulit mati pada kepala, dan juga akibat adanya jamur pada kulit kepala yang dikenal dengan nama malasseiza.

Jamur malasseiza dapat memecah kelenjar minyak yang ada di kulit kepala dan menjadikannya sebagai makanan. Kemudian, jamur akan menghasilkan produk asam lemak yang dapat membuat kulit kepala menjadi gatal dan mudah kering sehingga membentuk ketombe.

Sudah mencoba beragam produk shampo khusus perawatan ketombe namun ketombe tak urung berkurang, coba lima cara alami berikut ini:

1. Nanas
Haluskan nanas hingga lembut, tambahkan madu, oleskan, ke seluruh rambut dan pijat perlahan di kulit kepala agar lebih meresap. Diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

2. Kunyit
Parut kunyit berukuran dua jari tangan dan peras hingga mengeluarkan sarinya. Oleskan pada rambut dan kulit kepala dengan dipijat perlahan serta lembut. Diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

3. Daun pandan
Rebus beberapa helai daun pandan dengan air secukupnya hingga mendidih. Saring lalu diamkan hingga dingin. Oleskan air daun pandan pada rambut, diamkan sekitar 30 menit kemudian bilas hingga bersih. Selain itu untuk mengatasi ketombe daun pandan juga dapat mengatasi rambut bercabang.

4. Garam
Ambil garam secukupnya lalu taburkan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Gosok dan pijat perlahan garam di kulit kepala supaya lebih merata dan meresap. Diamkan sekitar 20 menit, bilas dengan air dingin, lanjutkan keramas dengan shampo seperti biasa.

5. Minyak Zaitun
Ambil minyak zaitun secukupnya lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata, diamkan sekitar 1 jam, lalu bilas dengan air dingin.

TAGS : Ketombe Perawatan Rambut




TERPOPULER :