Selasa, 31/03/2020 09:49 WIB

Hutan Kalimantan Didiami Semut Peledak

Keunikan lainnya, aksi bunuh diri tidak hanya dilakukan saat ada penyusup.

Semut Colobopsis

Jakarta - Beragam jenis binatang di hutan Kalimantan bisa dikategorikan paling langka di dunia. Sehingga, banyak penelitian yang terus mencari tahu keunikan lainnya. Dan baru-baru ini ditemukan jenis semut yang berbeda dengan jenis lainnya.

Bila semut pada umumnya akan meledakkan dirinya saat dalam kondisi benar-benar terancam. Namun pada awal tahun ini, ditemukan jenis yang langsung meledakkan diri secara ekstrim bila ada musuh mendekat.

Adalah spesies Colobopsis. Begitu ada hewan mendekat saja, maka prajurit semua langsung meletuskan perutnya sambil menyemburkan racun mematikan bagi penyusupnya. Persis seakan melancarkan serangan bunuh diri saat berperang.

Keunikan lainnya, aksi bunuh diri tidak hanya dilakukan saat ada penyusup. Semut jenis ini juga akan melancarkan hal yang sama saat mendatangi koloni semut lainnya.

Cara mempertahankan serangan musuh, Colobopsis akan melipatkan tubuh di depan jalan masuk untuk menghambat laju masuk musuh. Sehingga lawannya tidak bisa memasuki sarang yang dijaganya. 

TAGS : Unik Semut Colobopsis Hutan Kalimantan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :