Sabtu, 20/04/2024 03:10 WIB

Pentingnya Edukasi Pengelolaan Keuangan dalam Keluarga

Keluarga muda saat ini cenderung senang menabung untuk tujuan jangka pendek dan enggan untuk berinvestasi jangka panjang.

Prof. Dr. Paulus Wirotomo Guru Besar Sosiologi Universitas Indonesia menjelaskan tentang management keuangan dalam keluarga.(Foto : Andi Mardana/Jurnas.com)

Jakarta - Nilai atau values yang dianut individu, memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan seseorang, termasuk dalam melakukan perencanaan keuangan. Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M. Sc, Sosiolog sekaligus guru besar Sosiologi Universitas Indonesia menjelaskan, sistem nilai yang dianut individu akan menentukan sikap dan perilaku terhadap sesuatu, tak terkecuali dalam perencanaan finansial.

"Pengaruh budaya, agama, dan lingkungan menjadi faktor dalam terbentuknya sistem nilai dalam diri seseorang. Sebagai lingkungan sosial yang pertama dikenal individu, pengenalan nilai pertama kali diterima dari keluarga," jelas Paulus di Jakarta, Kamis (31/5).

Ia menerangkan, terkait pengelolaan keuangan, sikap dan perilaku yang diterapkan generasi saat ini belum bergerak jauh dari generasi sebelumnya. Meski terjadi pergeseran pada peruntukan dan tujuan dari perencanaan keuangan itu sendiri.

Membandingkan generasi saat ini dengan generasi sebelumnya, keluarga muda saat ini cenderung senang menabung untuk tujuan jangka pendek dan enggan untuk berinvestasi jangka panjang.

"Padahal, dengan memahami dan mulai melakukan pengelolaan keuangan yang tepat, generasi ini tetap dapat menikmati gaya hidup masa kini tanpa mengabaikan kenyamanan hidup di masa datang," jelas Paulus.

Salah satu video web series bertajuk `Keluarga Surya` sebagai sarana edukasi literasi keuangan yang dapat dengan mudah diakses masyarakat luas dalam konten visual digital dan mengusung genre komedi situasi yang sarat akan makna.

Video web series ini berkisah tentang kehidupan sebuah keluarga modern dengan berbagai isu sehari-hari, mulai dari pengelolaan Tunjangan Hari Raya (THR), perencanaan pendidikan keluarga hingga pentingnya menerapkan pola hidup sehat.

Berdurasi sekitar 5 menit setiap episodenya, melalui delapan kisah Keluarga Surya, bemberikan pesan pada keluarga muda Indonesia tentang pentingnya perencanaan keuangan, pentingnya pola hidup sehat dan penetapan strategi untuk masa depan lebih baik.

Diperankan oleh aktor dan aktris muda bertalenta yaitu Edo Borne sebagai Ayah Surya, Karina Nadila sebagai Ibu Mentari, Bima Azriel sebagai Fajar dan Sandrinna Michelle sebagai Cahaya.

"Menyadari perlunya melakukan upaya yang terus menerus dalam memberikan edukasi terkait finansial, memacu kami untuk berpikir kreatif dan beradaptasi dengan zaman dalam membekali pemahaman keuangan yang memadai kepada masyarakat luas khususnya generasi dan keluarga muda Indonesia," kata Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia.

Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia berharap melalui kampanye #LebihBaik Sekarang, serta muatan pesan yang disampaikan melalui video web series `Keluarga Surya`, semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk memulai perencanaan keuangan sejak dini. "Hingga akhirnya terbentuk masyarakat Indonesia yang cerdas dan mapan secara finansial serta menjalani hidup yang lebih sehat," ujarnya.

KEYWORD :

mengatur keuangan tips finansial




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :