Minggu, 20/10/2019 02:58 WIB

Kenali Masalah Perut Saat Perjalanan

Mengetahui tentang masalah perut saat bepergian pasti akan membantu Anda setidaknya melakukan pencegahan.

Ilustrasi sakit perut.(Foto : Google)

Jakarta - Bahkan setelah melakukan tindakan pencegahan, sulit untuk menghindari masalah perut. Hal ini terjadi terutama saat bepergian dan mudik lebaran. Saat Anda jauh dari rumah, menjadi sulit untuk tetap melakukan rutinitas yang sehat.

Semua orang tahu bahwa apa yang tidak bisa disembuhkan harus ditanggung, tapi mengetahui tentang masalah perut saat bepergian pasti akan membantu. Berikut adalah beberapa masalah perut umum yang muncul saat bepergian:

Keracunan makanan
Diare, muntah, dan mual adalah beberapa gejala keracunan makanan yang harus Anda sadari. Terkadang gejalanya sama dengan flu, jadi mudah membingungkan di antara keduanya. Bakteri yang ada dalam makanan adalah alasan dibalik masalah perut ini saat traveling.

Gas & gangguan pencernaan
Sejumlah bahan makanan dapat menyebabkan gangguan pencernaan sehingga mengakibatkan gas dan keasaman. Ini ditunjukkan dalam bentuk mulas dan menghasilkan rasa sakit yang tak tertahankan di bawah sternum. Buang angin bisa jadi bentuk ekspresi lain dari masalah perut tersebut.

Kram perut
Kram perut merupakan indikasi lain adanya masalah saat bepergian. Ini menunjukkan bahwa perut Anda sedang kesal, dan sekarang saatnya mengendalikan makanan yang Anda makan. Namun, jangan lupa minum banyak air putih untuk membersihkan racun.

Perut kembung
Kembung adalah tanda makan berlebih atau gangguan pencernaan dan membutuhkan penyembuhan segera. Makanan yang menyebabkan gas menjadi penyebab di balik masalah perut dan sebaiknya dihindari terutama saat bepergian.

Diare
Sering buang air besar bahkan tanpa gejala sebelumnya dapat disebut sebagai diare. Hal ini bisa disertai dengan muntah dan kram perut. Kontaminasi dalam makanan dan air, yang Anda pakai saat traveling dapat menyebabkan masalah perut semacam ini.

Infeksi cacing tambang
Cacing tambang yang menyerang paru-paru atau usus Anda dapat menyebabkan berbagai masalah perut dan membuat perjalanan Anda tidak nyaman. Kram perut, ruam, kelelahan, dan diare adalah beberapa gejala infeksi tersebut.

Disentri
Disentri tidak lain hanyalah tahap awal diare. Disini pasien mungkin mulai melewati lendir dan bahkan darah dengan tinja yang kendor. Infeksi bakteri ini menular  oleh karena itu Anda perlu melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut. Mengetahui masalah perut ini saat bepergian sangat membantu, karena Anda dapat melakukan tindakan pencegahan atau pengobatan yang diperlukan. Jadi, tetaplah terinformasi dan siap saat bepergian.

TAGS : Perjalanan Mudik Masalah Perut Tips Kesehatan




TERPOPULER :