Selasa, 13/11/2018 00:36 WIB

Olahraga Timbulkan Risiko Cedera, Kok Bisa?

Tahukah Anda olahraga dapat menimbulkan risiko cedera terlebih jika tidak dilakukan dengan benar.

Jika tidak dilakukan dengan benar olahraga dapat menimbulkan berbagai risiko cedera (Foto: RSPI)

Jakarta - Gaya hidup sehat, salah satunya dengan rutin berolahraga,semakin banyak diminati masyarakat urban saat ini. Hal ini tidak terlepas dari keinginan untuk menjaga kebugaran tubuh, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan.

Meski terlihat umum dilakukan, berolahraga dapat menimbulkan risiko cedera, khususnya pada bahu, tangan, dan kaki, terlebih jika tidak dilakukan dengan benar. Cedera olahraga dapat terjadi pada siapa saja, termasuk pria, wanita, anak-anak, juga orang dewasa, baik atlet profesional ataupun orang awam (recreational athlete).

Peradangan otot maupun sendi akibat salah posisi, otot yang robek, ataupun dislokasi otot, tulang, dan sendi adalah beberapa jenis cedera yang umum terjadi saat berolahraga.

Kesalahan posisi bagian tubuh saat berolahraga, bersinggungan dengan sesama pemain, teknik bermain yang kurang tepat dan penggunaan otot yang berlebihan dapat menimbulkan cedera pada tangan dan bahu. Beberapa jenis olahraga yang dapat memicu cedera tangan dan bahu adalah golf, tenis, badminton, dan voli.

Dokter Iman Widya Aminata, Sp. OT,Dokter Spesialis Bedah Ortopedi yang berpraktik di RS Pondok Indah – Pondok Indah dan RS Pondok Indah – Bintaro Jaya mengatakan Penanganan cedera akibat olahraga yang tepat dan cepat sangat penting untuk meminimalkan risiko jangka panjang yang ditimbulkan.

"Perlu dilakukan berbagai upaya diagnosa, salah satunya dengan pemanfaatan teknologi medis modern seperti CT Scan atau MRI. Penegakan diagnosis perlu dilakukan untuk mengetahui lokasi serta mengidentifikasi cedera yang terjadi dengan lebih akurat sebagai tahapan awal untuk menentukan langkah penanganan yang tepat lanjutnya,” lanjutnya.

TAGS : Cedera Olahraga Gaya Hidup Peradangan Otot




TERPOPULER :