Rabu, 14/11/2018 16:31 WIB

Ketahui Lima Permasalahan Seksual pada Pria

Baik pria atau wanita masing-masing berpotensi memiliki masalah seksual, berikut lima masalah seksual pria yang perlu Anda ketahui.

Baik pria atau wanita masing-masing berpotensi memiliki masalah seksual (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

Jakarta - Selama ini banyak orang beranggapan jika masalah disfungsi seksual pada pria hanyalah sebatas disfungsi ereksi atau ejakulasi dini saja. Padahal, gangguan ini bisa terdiri dari bermacam-macam jenis serta penyebabnya.
 
Berikut terdapat lima permasalahan atau disfungsi seksual yang dialami pria:

1. Gairah Seksual

Pada permasalahan gairah seksual, ada yang disebut Hypoactive Seksual Disorder - kurang atau hilangnya gairah seksual/keinginan untuk melakukan aktivitas seksual secara menetap atau berulang yang dapat menimbulkan distress pada penderitanya. Lalu, ada pula yang disebut Sexuak Aversion Disorder (SAD), penderita tidak ingin dan menolak melakukan hubungan seksual sama sekali.

2. Bangkitan Seksual

Bangkitan seksual ialah respons terhadap rangsangan seksual, baik secara visual, audio, sentuhan atau fantasi seksual. Salah satu respons pria terhadap rangsangan seksual ialah timbulnya ereksi.

Disfungsi ereksi ialah keadaan ketika seseorang pria tak mampu mencapai atau mempertahankan ereksi yang baik untuk melakukan hubungan seksual yang berkualitas. Biasanya keluhan terjadi terus menerus atau bahkan dalam jangka waktu tiga bulan.

Penyebabnya bisa berupa faktor organik (kelainan di tubuh, seperti pembuluh darah, saraf, dan hormon) maupun faktor psikis (masalah rumah tangga, depresi dan lainnya).

3. Ejakulasi

Ada beberapa permasalahan ejakulasi yang dapat timbul, diantaranya:
- Premature ejaculation, ejakulasi yang terjadi sebelum waktu yang diinginkan. Biasanya terjadi sebelum atau satu menit setelah penetrasi dan tidak dapat dikendalikan oleh penderita, serta menimbulkan distress.
- Delayed ejaculation, ejakulasi yang terlalu lama atau tertunda
- Anejaculation, tidak dapat ejakulasi dan tidak ada air mani yang dikeluarkan
- Retrograde ejaculation, saat ejakulasi/air mani mengalir ke saluran kemih dan bercampur dengan urine di kandung kemih

4. Orgasme

Kondisi ketika penderita tidak dapat mencapai orgasme dalam hubungan seksual. Biasanya keadaan ini muncul bersamaan dengan permasalahan ejakulasi.

5. Nyeri Saat Penetrasi

Nyeri saat melakukan hubungan seksual pada pria dapat disebabkan kelainan pada kondisi tertentu seperti peyronie (terdapat plak indurasi pada batang penis uang menyebabkan penis bengkok saat ereksi dan menimbulkan nyeri).

TAGS : Seks Pria Gangguan Seksual




TERPOPULER :