Selasa, 13/11/2018 13:53 WIB

Fakta dan Mitos Nutrisi Kesehatan Pria

Tak hanya kesehatan wanita yang terdapat mitos, pria pun juga.

Apa saja mitos ksehatan pria yang berkembang di masyarakat? (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

Jakarta - Dalam kehidupan masyarakat beredar berbagai hal terkait konsumsi makanan tertentu yang dapat membantu kesehatan pria.

Beberapa merupakan fakta, tapi ada juga yang mitos seperti yang dijelaskan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah, dr Raissa Edwina Djuanda berikut ini:

Fakta
Diet Tinggi Protein Meningkatkan Massa Otot

Diet tinggi protein dapat meningkatkan massa dan kekuatan otot, tapi harus disertai latihan fisik terutama yang bersifat resistance training (latihan beban). Hati-hati, mengonsumsi protein berlebihan, lebih dari 30 persen dari total kalori, justru dapat merusak organ tubuh.

Mitos
Hindari Makan Terung agar Tidak Loyo

Terung merupakan makanan rendah kalori, rendah serat, serta kaya vitamin (K, A, C, E, dan B kompleks), dan mineral (kalium, natrium, magnesium, kalsium, folat, zinc, dan besi). Terung juga memiliki pigmen antosianin, senyawa organik dari keluarga flavonoid yang dapat menurunkan disfungsi ereksi.

Fakta
Terlalu Banyak Bir Sebabkan Beer Belly

Menurut penelitian, konsumsi bir berlebihan dapat meningkatkan lingkar perut dan berat badan. Semakin besar lingkar perut, semakin tinggi risiko terkena penyakit metabolik (diabetes, perlemakan hati, obesitas, darah tinggi, dan kolesterol)

Mitos
Kopi Hitam baik untuk Kesehatan Jantung

Hingga saat ini, penelitian yang sda masih bersifat kontroversial. Risiko penyakit jantung dapat meningkat pada orang-orang yang memiliki mutasi genetik tertentu, seperti lambatnya metabolisme kafein dalam tubuh.

Fakta
Minuman Beralkohol Meningkatkan Gairah Seksual

Alkohol memiliki aktivitas aphrodisiac dengan cara meningkatkan aliran darah ke testis, sehingga dorongan seksual meningkat. Tetapi, konsumsi alkohol dalam jumlah besar dan jangka panjang dapat menimbulkan disfungsi seksual, seperti ejakulasi dini, menurunnya gairah, menurunnya jumlah sperma, dan gangguan ereksi.

TAGS : Pria Kesehatan Nutrisi Mitos Fakta




TERPOPULER :