Jum'at, 16/11/2018 06:19 WIB

Ternyata Puasa Bisa Bikin Kamu Lebih Bahagia

Tahukah Anda, jika dilakukan dengan sungguh, puasa di bulan Ramadan memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Ketika berpuasa, tingkat endorfin yang beredar dalam tubuh cenderung meningkat (Foto: Ilustarasi/Shutterstock)

Jakarta - Memang sebagian orang berpotensi mengalami sakit maag, iritasi lambung, dehidrasi, serta penurunan tingkat konsentrasi. Seiring berjalannya waktu, tubuh akan beradaptasi.

Ketika berpuasa, ada banyak energi yang terbakar, kolesterol turun, serta tekanan darah bisa terkontrol.

Dr Razeen Mahroof, seorang ahli anestesi dari Oxford, seperti yang dilansir dari laman Independent mengatakan bahwa puasa tidak selalu berkaitan dengan penurunan berat badan Anda.

Pasalnya, puasa lebih ditekankan pada aspek spiritual yang menuai manfaat bagi kesehatan fisik. Sebetulnya, dr Mahroof juga mengatakan ada baiknya tubuh menyusuaikan diri dengan pola makan dan minum menjelang hari Ramadan.

"Ketika berpuasa, tingkat endorfin yang beredar dalam tubuh cenderung meningkat, sehingga membuat Anda lebih bahagia dan menunjang kesehatan mental," ucapnya.

Agar puasa lebih sehat dan bermanfaat, dr Mahroof juga menyarankan agar Anda mengurangi asupan gorengan dan lebih memilih daging yang dibakar atau dipanggang.

dr Mahroof juga mengingatkan untuk mengonsumsi diet seimbang dengan proporsi karbohidrat, lemak, dan protein. Apakah Anda sudah menerapkan panduan anjuran dr Mahroof?

TAGS : puasa manfaat tubuh bahagia




TERPOPULER :