Sabtu, 22/09/2018 13:15 WIB

Tips Financial Plan untuk Keluarga Muda

Dengan tabungan, Anda memiliki kebebasan dan fleksibilitas dalam mencapai tujuan keuangan.

Ilustrasi financial plan.(Foto : Google)

Jakarta - Kita perlu benar-benar memahami kebutuhan kita dan tujuan akhir mengapa kita menggunakan produk keuangan tersebut. Menabung dapat membantu kita dalam mencapai tujuan keuangan yang sudah kita tentukan, misalnya untuk membayar biaya sekolah, membayar DP rumah, membeli mobil baru, atau gadget lainnya, semua ini bisa tercapai hanya dengan menyisihkan uang secara perlahan.

Dengan tabungan, Anda memiliki kebebasan dan fleksibilitas dalam mencapai tujuan keuangan dan dapat membantu membentuk kebiasaan keuangan yang baik kedepannya. Berikut tips financial plan bagi Anda yang baru menikah.

- Rencanakan anggaran keuangan dan disiplin
Saat merencanakan anggaran keuangan bulanan, Anda disarankan untuk melebihkan perkiraan pengeluaran bulanan. Dengan demikian, pada akhir bulan Anda akan masih menyimpan sisa uang yang bisa langsung ditabung.

- Sisihkan uang Anda terlebih dulu
Tentukan jumlah uang yang perlu Anda sisakan tiap bulannya, dan anggap “sisa uang” ini sebagai “tagihan” (tidak boleh digunakan untuk hal lain). Sisakan sebesar 10-12 persen tiap bulannya dan uang tersebut akan terus bertambah.

- Menabunglah dengan bijak
Pilihlah metode menabung yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Cari informasi terlebih dahulu bank mana yang memberikan suku bunga tabungan terbaik.

- Siap menghadapi yang tak terduga
Sisakan uang untuk kebutuhan mendesak. Jumlah uang ini senilai dengan jumlah pengeluaran harian selama 3-6 bulan untuk berjaga-jaga.

- Tentukan tujuan keuangan agar Anda dapat melihat perkembangan tabungan. SMART Goals bisa membantu Anda agar benar-benar paham berapa jumlah uang yang perlu ditabung dan berapa lama harus menabung. Saat Anda mampu menentukan tujuan yang jelas, akan sangat mudah melihat kemajuan Anda dalam menabung.

TAGS : tips keuangan gaji finansial tabungan




TERPOPULER :