Senin, 24/09/2018 17:06 WIB

Tips Mengelola Gaji Supaya Tidak Hanya Mampir

Bila tidak bisa mengatur keuangan dengan baik maka akan sulit bertahan hidup dengan gaji yang ada.

Ilustrasi Uang

Jakarta - Gaji yang Anda terima dari perusahaan setiap bulan bukan hanya untuk dihabiskan sesuai keinginan Anda. Bila tidak bisa mengatur keuangan dengan baik maka akan sulit bertahan hidup dengan gaji yang ada. Konsultan Keuangan, Tejasari berbagi tips mengelola gaji supaya tidak hanya mampir. Berikut tipsnya!

1. Selalu buat anggaran setiap bulan, dan dibagi atas empat kelompok seperti
    1. tabungan dan investasi
    2. cicilan hutang
    3. pengeluaran keluarga
    4. pengeluaran pribadi

2. Setiap habis gajian, langsung pindahkan bagian untuk tabungan dan investasi ke rekening yang lain, atau lakukan debit otomatis untuk menjalankan tabungan dan investasi rutin bulanan.

3. Bayarkan cicilan hutang tepat pada waktunya, jangan ditunda sampai melewati waktu, karena Anda akan terkena denda dan biaya bunga.

4. Pilah pengeluaran keluarga yang penting untuk segera dibayarkan seperti bayar listrik, air, telpon, uang sekolah anak, dll. Sisakan hanya untuk transportasi dan konsumsi keluarga hingga akhir bulan.

5. Bayarkan pengeluaran pribadi yang penting buat Anda seperti membership gym, pulsa handphone, arisan, apabila masih ada sisanya dapat Anda gunakan untuk pengeluaran pribadi lainnya.

"Dengan memisahkan tabungan dan investasi langsung diawal bulan, maka otomatis kita sudah menyisihkan untuk kebutuhan masa depan kita. Dan gaji yang kita dapatkan tidak hanya numpang lewat saja untuk keperluan yang kadang kita tidak sadari," kuncinya.(Foto : Istimewa)

TAGS : tips keuangan gaji finansial tabungan




TERPOPULER :