Minggu, 23/09/2018 01:29 WIB

Pelajari 9 Mitos dan Fakta Kontrasepsi

Yakinkah Anda jika sudah paham betul mengenai kontrasepsi?

Yakinkah Anda jika sudah paham betul mengenai kontrasepsi (Foto: Kontrasepsi)

Jakarta - Tahukah Anda salah satu kunci sukses berumah tangga bagi seorang ibu yang juga wanita karier adalah mampu membagi waktu antara urusan anak, suami, rumah tangga, dan juga pekerjaan.

Bukan rahasia lagi jika dengan berkontrasepsi dan merencanakan keluarga, Anda dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik, meluangkan waktu eksklusif bersama anak dan suami serta mewujudkan kebahagiaan keluarga.

Sayangnya, masih banyak miskonsepsi mengenai kontrasepsi yan beredar di masyarakat dan perlu diluruskan. Cari tahu mitos dan fakta tentang kontraspesi di bawah ini sebelum memutuskan metode apa yang tepat untuk Anda.

1. Mitos: Pil KB bikin gemuk
Fakta: Semua bergantung paa reseptor tubuh masing-masing, jika Anda menjalani pola hidup sehat, tidak akan mengalami kenaikan berat badan.

2. Mitos; Menyusui bisa cegah kehamilan
Fakta Hanya jika penuhi 3 kriteria yakni: ibu menyusui secara eksklusif, bayi berumur kurang dari 6 bulan, dan ibu belum dapat menstruasi. Jika salah satu kriteria itu tak terpenuhi, maka bisa menggunakan kontrasespi.

3.Mitos: Gunakan kontrasepsi jangka waktu lama dapat mengganggu kesuburan
Fakta: Ketika Anda berhenti memakai alat kontrsepi, kemungkinan untuk hamil kembali sangat besar.

4. Mitos: Tak boleh memakai IUD sebelum mempunyai anak
Fakta: Selama kondisi kesehatan Anda baik tidak memiliki penyakit terkait reproduksi perempuan. Sesuaikan ukuran IUD dengan panjang rahim Anda.

5. Mitos: IUD bisa berindah tempat setelah dipasang
Fakta: Tidak berpindah tempat tapi tetap diperlukan kontrol untuk mengecek lokasi IUD dalam rahim. Karena itu, penting melakukan pemeriksaan rutin setahun sekali ke bidan/dokter jika ada keluhan.

6.Mitos: Morning pil sama dengan pil aborsi
Fakta: Morning pil bertujuan mencegah kehamilan saat Anda lupa menggunakan kontrasepsi maksimal dalam jangka waktu 120 jam setelah berhubungan. Jika terjadi kehamilan, maka tidak akan berpengaruh pada janin.

7. Mitos: Kontrasepsi tak diperlukan bagi wanita di atas usia 35 tahun
Fakta: Tidak benar, karena selama belum memasuki menopause, wanita masih berpeluang hamil.

8. Mitos: Tubuh perlu istirahat sejenak dari pemakaian alat kontrasepsi
Fakta: Satu-satunya alasan Anda perlu istirahat jika Anda berharap ingin hamil lagi.

9. Mitos:Pil KB dapat mencegah dan mengurangi jerawat
Fakta: Pil KB memiliki kandungan hormon progestoron, berfungsi mengurangi kelebihan hormon androgen dalam tubuh wanita, salah satu penyebab wanita memiliki banyak jerawat dan bulu-buku halus berlebih.

TAGS : mitos fakta kontrasepsi keluarga




TERPOPULER :