Senin, 19/11/2018 16:09 WIB

3 Hal Penting Mendukung Masa Eksplorasi Anak

Dalam bereksplorasi, si kecil membutuhkan orang tua untuk mendukung pengalaman barunya.

Eksplorasi adalah bagian dari tugas perkembangan si Kecil (Foto: Eka Pramita)

Jakarta - Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa eksplorasi mendukung tumbuh kembang si kecil. Melalui eksplorasi, si kecil memiliki
kesempatan belajar lebih besar untuk menambah kemampuan motoriknya dan melatih si kecil menjadi lebih percaya diri. Hal Itu menjadi dasar bagi kegiatan belajar, dan perilaku dalam hidup.

Menurut Psikolog Ratih Ibrahim keterlibatan aktif orang tua, terutama ‘Iya Boleh’ dari ibu memegang peran luar biasa penting saat mendampingi si kecil melakukan eksplorasi pertamanya.

“Eksplorasi adalah bagian dari tugas perkembangan si Kecil. Ia butuh ruang yang aman dan kaya untuk berkeksplorasi, sesuai dengan usia perkembangannya," tutur Ratih di acara peluncuran Iya Boleh di Jakarta, Selasa (24/4).

Momen paling pertama si Kecil, lanjut ibu dua anak ini dimulai dari pengalaman eksplorasinya melalui dari apa yang mereka lihat, dengar, sentuh, cium dan rasakan adalah momen luar biasa penting, the moment of truth, bagi perkembangan seluruh aspek kecerdasan si kecil yang kemudian menjadi fondasi pembentukan karakternya kelak.

"Ada 3 hal penting bagi perlindungan anak, yakni cinta orang tua, stimulasi dan nutrisi yang menjadi Satu paket lengkap tidak bisa dipecah, atau jalan masing-masing," ungkapnya.

Eksplorasi sebagai bagian stimulasi untuk mendukung tumbang si kecil, belajar lebih banyak, lebih percaya diri, skill motorik meningkat. Mulai menunjukkan berdaya jadi manusia kecil, siap bereksplorasi.

Dalam bereksplorasi, si Kecil membutuhkan orang tua untuk mendukung eksplorasinya. Bunda dan ayah hadir di sekitar anak untuk memberi dukungan sebagai pengalaman dengan wujud mengatakan iya boleh. Tentu saja pastikan aman, orang tua terlibat, dan si kecil siap.

5 tahun pertama kehidupan merupakan waktu perkembangan otak anak untuk tumbuh sangat pesat. Pengalaman pertama anak mulai dari apa yang mereka lihat, dengar, sentuh, cium dan rasakan dapat menjadi stimulasi terhadap otaknya melalui jutaan titik-titik yang terkoneksi.

TAGS : anak eksplorasi nutrisi perlindungan cinta




TERPOPULER :