Minggu, 21/07/2019 05:32 WIB

Trik Menggali Potensi Anak Usia Dini

Menjadikan anak yang kuat, percaya diri, cerdas dan kreatif, mandiri, dan supel dengan nutrisi yang tepat dan stimulasi.

Anak-anak ini terlihat sibuk bermain dengan teman sebayanya.(Foto : Andi Mardana/Jurnas.com)

Jakarta - Setiap orangtua ingin buah hatinya sukses di masa mendatang. Namun sayangnya, tak semua orang tua tahu triknya. Untuk mendorong anak memiliki lima potensi tersebut, orangtua harus menggali lima aspek tumbuh kembang anak yang saling berkaitan satu dengan yang lain agar ia dapat memiliki tumbuh kembang yang optimal, yaitu dari aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa dan sosial.

1. Anak yang kuat
Agar si kecil menjadi sehat dan kuat, untuk umur 1-3 tahun usahakan kenalkan makanan keluarga dengan konsep gizi seimbang. Jangan sampai anak yang sufah seharusnya mencoba berbagai tekstur makanan tapi masih saja diberi makanan makanan yang sangat halus atau diblender.

Di usia 1- 3 tahun anak membutuhkan stimulasi motorik. Motorik kasar (menggunakan tangan dan kaki, lari, lompat, naik sepeda, dll) dan motorik halus (misalnya mempertajam kemampuan koordinasi mata dan jari saat melakukan tarian Bali.

Sedangkan anak umur 3-5 tahun stimulasi motorik kasar dan motorik halus dipertajam lagi.

2. Anak percaya diri
Tumbuhkan attachment bunda sensitif dan responsif. Aturlah ruangan agar ramah anak agar si Kecil terhindar dari bahaya saat bereksplorasi. Beri kesempatan ia lebih luas bergerak dan beri kesempatan si kecil mencoba banyak hal.

Jangan lupa beri pujian saat ia melakukan hal baik. Apalagi anak usia dini penting diberi pujian untuk terdorong melakukan hal lebih baik lagi.

3. Agar anak cerdas dan kreatif
Beri kesempatan mengenal hal-hal baru, ajak berkreasi (membuat masakan/dekorasi ruang). Saat ia bertanya maka berilah jawaban. Ajak bercakap-cakap dengan kalimat singkat namun lengkap.

Munculkan rasa ingin tahunya. Misalnya jika mengenalkan sesuatu sertakan pertanyaan tambahan. Kita mengeksplor sesuatu yang punya daya tarik buat anak.

4. Agar anak mandiri
Orangtua menebak dan meladeni kebutuhan anak dengan benar (sensitif dan responsif). Beri si kecil kesempatan melayani dirinya sendiri (makan minum, dll). Beri ia kesempatan menjelajahi lingkungan. Dan biarkan ia merawat diri sendiri (mandi, bersihkan diri, pakaian baju sendiri). Tapi bukan berarti Anda tidak membantunya sama sekali.

5. Agar anak supel
Pandai bergaul haruslah dibangun sejak anak usia dini. Caranya ialah sering saling bertatap mata, ajak main bersama. Saat ia takut pada orang lain tenangkan terlebih dahulu dan jelaskan tentang orang tersebut secara perlahan. Kemudian beri kesempatan bermain dengan teman sebayanya.

TAGS : Tumbuh Kembang Orang Tua Nutrisi Anak




TERPOPULER :