Sabtu, 11/07/2020 01:32 WIB

5 Aspek Dukung Tumbuh Kembang Anak

Menjadikan anak yang kuat, percaya diri, cerdas dan kreatif, mandiri, dan supel dengan nutrisi yang tepat dan stimulasi.

Dukung anak jadi generasi maju Indonesia dengan pemenuhan nutrisi tepat dan stimulasi.(Foto : Andi Mardana/Jurnas.com)

Jakarta - Dalam masa tumbuh kembang, Anak membutuhan nutrisi yang tepat untuk mendukung ia berprestasi jadi Generasi Maju Indonesia di masa depan. Nutrisi menjadi dasar utama untuk mengembangkan potensi lain anak. Setelah nutrisi terpenuhi dengan baik, orangtua harus memberikan stimulasi untuk merangsang saraf motorik.

Ada lima potensi yang bisa dibangun agar anak menjadi generasi maju diantaranya menjadi anak yang kuat, percaya diri, cerdas dan kreatif, mandiri, dan supel.

"Dasarnya adalah nutrisi yang baik. Kalau tubuhnya gak sehat maka si kecil tidak bisa mengembangkan potensinya yang lain. Selain nutrisi anak juga butuh stimulasi," kata Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti pada talkshow `SGM Eksplor Dukung Potensi Si Kecil Jadi Anak Generasi Maju Melalui Pemenuhan Nutrisi dan Edukasi` di kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (18/4).

Untuk mendorong anak memiliki lima potensi tersebut, orangtua harus menggali lima aspek tumbuh kembang anak yang saling berkaitan satu dengan yang lain agar ia dapat memiliki tumbuh kembang yang optimal, yaitu dari aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa dan sosial.

Simak trik menjalankan lima aspek tumbuh kembang anak.
1. Tumbuh tinggi dan kuat. Tumbuh kembang anak sesuai dengan tahapan usianya. Kesehata fisik anak jadi dasar untuk mengembangkan semua potensinya. Jika anak tidak sehat bagaimana perkembangan lainnya menjadi baik?.

2. Percaya diri. Bantu anak yakin terhadap kemampuan dirinya, potensi yang muncul di 3 tahun pertama anak. Bukan soal dia tampil, tapi apakah dia yakin pada kemanpuan dirinya.

3. Cerdas kreatif. Anak cepat menangkap dan mengerti dan punya banyak ide. Dia dapat tangkap apa yang kita sampaikan dan kita katakan. Dia juga punya ide-ide yang bisa memecahkan masalah yang ia temui sehari-hari.

4. Mandiri. Mengandalkan diri dalam melakukan hal-hal tertentu. Lebih dari mandi sendiri dan makan sendiri, tapi bukan berarti sama sekali tidak minta tolong.

5. Supel. Tentang berbagai keterampilan sosial berteman bekerjasama, sharing. Sopan.

"Sukses adalah tubuhnya sehat, prestasi baik, optimal sesuai kemampuan mereka, kepribadiannya baik dan menarik, bisa berhubungan baik dengan orang lain dan dia sejahtera dan bahagia. Nasib lebih baik daripada orangtua," jelas Nina, sapaan akrab Anna Surti.

TAGS : SGM tumbuh kembang anak orangtua nutrisi stimulasi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :