Selasa, 20/11/2018 03:42 WIB

10 Tips Agar Sehat dan Berumur Panjang

Jika ingin hidup sehat dan menyenangkan, lakukan hal berikut mulai sekarang.

Ilustrasi hidup sehat.(Foto : sanook.com)

Jakarta - Setiap orang ingin bugar, sehat, aktif dan berumur panjang. Tapi apa yang sudah Anda lakukan untuk hidup lebih sehat? Kita semua tahu, bahwa orang yang sehat tidak merokok, memiliki berat badan yang sehat, olahraga dan makan yang sehat. Kedengarannya sederhana, tetapi mereka yang telah mencoba mengubah kebiasaan mereka tahu betapa sulitnya hal itu.

Beberapa orang memutuskan untuk membuat perubahan drastis, tetapi ketika mereka menghadapi kesulitan, mereka hanya kurang motivasi dan menyerah. Jika ingin hidup sehat dan menyenangkan, lakukan hal berikut mulai sekarang.

1. Minum segelas air di pagi hari
Bangun di pagi hari dan minum satu gelas air suhu kamar terlebih dahulu. Anda bisa menaruh irisan lemon atau jeruk nipis di air, jika Anda tidak suka rasanya. Air membantu membersihkan sistem kita, meningkatkan laju metabolisme dan membuang racun. Beberapa orang bahkan mengatakan, itu membantu mengurangi berat badan.

2. Tidur Cukup
Kurang tidur membuat Anda merasa lelah dan marah, tidak bisa memusatkan perhatian. Kurang tidur dapat merusak kesehatan fisik (terutama hati) juga. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa 8 jam tidur per 24 jam adalah kebutuhan rata-rata untuk orang dewasa. Tetapi semua orang berbeda dan kebutuhan untuk tidur dapat berkisar dari 6 hingga 10 jam. Jika Anda merasa mengantuk pada pukul 16.00 dan 18.00, Anda mungkin tidak cukup istirahat.

3. Regangkan di pagi hari!
Alih-alih tertidur di pagi hari, Anda dapat menggunakan waktu dengan lebih bijaksana. Regangkan punggung, kaki, dan leher Anda. Ini akan membangunkan tubuh Anda dari tidur. Peregangan di pagi hari meningkatkan aliran darah ke otot, menyediakan suntikan oksigen ekstra dan mempersiapkan mereka untuk hari yang baru.

4. Snack the Healthy Way
Keripik kentang, kacang asin, permen, kue, dan makanan lezat lainnya pasti tidak sehat untuk tubuh Anda. Makanan ini mengandung banyak lemak, garam, gula. Pilihlah kacang mentah, buah-buahan segar atau buah beri sebagai gantinya, karena kaya akan vitamin dan mineral.

5. Sarapan
Sarapan adalah makanan paling penting mengawali hari terutama bagi Anda yang diet. Jika melewatkannya, Anda akan lapar lama sebelum makan siang dan akan mulai mengemil makanan yang tinggi lemak dan gula, tetapi rendah vitamin. Para peneliti pada konferensi American Heart Association 2003 melaporkan bahwa orang yang sarapan secara signifikan kurang cenderung menjadi gemuk dan menderita diabetes dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan. Cukup hanya 15 menit untuk mempersiapkan hidangan sehat, seperti omelet dengan sayuran atau salad buah dengan yogurt.

6. Lakukan Perjalanan Sehari-hari
Kita semua tahu tentang keuntungan dari aktivitas fisik, tetapi kebanyakan dari kita tidak memiliki waktu, atau keinginan untuk berolahraga. Gunakan tangga sesering mungkin alih-alih lift, berjalan-jalan dengan teman-teman Anda. Berjalan lebih lama, daripada biasanya gunakan kemungkinan apa pun untuk lebih aktif secara fisik. Para peneliti mengatakan, bahwa orang hanya perlu berjalan hingga 12 mil per minggu atau sekitar 125 hingga 200 menit per minggu untuk meningkatkan kesehatan jantung.

7. Buat Koneksi Sosial
Dikatakan bahwa orang yang kesepian lebih cenderung menjadi sakit dan mati muda. Orang yang tidak punya teman lebih stres, depresi dan sering kurang aktif secara fisik. Selain itu, para ahli mengatakan bahwa bagaimana hubungan sosial seseorang cenderung menjadi salah satu cara paling penting untuk memprediksi kesehatan dan kemandiriannya di tahun-tahun mendatang.

8. Pelajari Daftar Bahan-Bahan Produk Favorit Anda
Daftar bahan produk sangat penting karena ini menunjukkan kepada Anda apakah makanan yang akan dibeli mengandung bahan yang tidak alami dan tidak sehat. Ada ratusan, bahkan mungkin ribuan bahan tidak sehat di pasar dan hampir tidak mungkin untuk mengingat semuanya. Untungnya, Anda dapat menemukan banyak informasi di Internet tentang makanan, jadi pelajari semua makanan favorit dan paling umum, kosmetik dan produk lain yang Anda beli. Bahan berbahaya dapat menyebabkan berbagai penyakit, reaksi alergi dan bahkan kanker.

9. Temukan Aktivitas Baru
Pilih aktivitas baru yang melibatkan seluruh keluarga dan teman-teman seperti hiking, olahraga kelompok, ski, atau naik sepeda. Menemukan hobi dapat memberi Anda kesenangan dan mengurangi stres. Anda juga akan mulai bertemu orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda dan dapat membuat beberapa teman baru. Nikmati hobi baru Anda dan ingat, orang yang bahagia hidup lebih lama.

10. Cintai Hidup Anda
Jangan gugup dan marah karena hal-hal sepele. Jangan terlalu serius. Tersenyum, cintai orang lain, dan selalu melihat sisi kehidupan yang cerah.

TAGS : Gaya hidup sehat aktif panjang umur bahagia




TERPOPULER :