Selasa, 15/10/2019 18:33 WIB

Buah-buahan Ini Bisa Bantu Hilangkan Bau Mulut

Namun jika terus dibiarkan maka lama kelamaan mulut tak hanya akan mengeluarkan bau tak sedap tapi akan berisiko munculnya penyakit-penyakit seperti kanker mulut

Buah-buahan (Foto: thestar)

Jakarta - Bau mulut terkadang memberikan dampak negatif bagi seseorang. Pasalnya, hal itu dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain. Sehingga tak jarang orang minder ketika untuk menyampaikan pendapat atau membuka mulut ketika berada bersama dengan orang lain.

Namun jika terus dibiarkan maka lama kelamaan mulut tak hanya akan mengeluarkan bau tak sedap tapi akan berisiko munculnya penyakit-penyakit seperti kanker mulut, dan kerusakan pada gusi. Karena biasanya bau mulut disebabkan ketidakteraturan dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut, atau bisa juga disebabkan pola makan yang tidak teratur.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut seperti menggunakan obat herbal atau pergi ke dokter agar diberikan obat. Tapi jika ingin menggunakan cara sederhana, Anda bisa mencoba buah berikut yang dapat menghilangkan bau mulut:


Buah Apel Merah

Buah apel merah terbukti bermanfaat sangat cepat menghilangkan bau mulut tak sedap akibat penyakit menahun yang disebabkan oleh bakteri pemicu kanker, hal ini disebabkan karena apel merah memiliki kandungan flavanoid dan polifenol yang bermanfaat membantu melawan kanker.

Sementara serat pada buah apel bermanfaat menghilangkan bau mulut yang diakibatkan gigi berlubang dan gusi yang kotor. Serat yang dimiliki buah aple merah bermanfaat sebagai pembersih kuman, juga sebagai antivirus yang bermanfaat melawan bakteri jahat yang ada di mulut.

Jambu Biji

Selain kaya akan kandungan pektin yang manfaatnya terkenal sebagai penurun kadar kolesterol dalam tubuh dan tekanan darah, jambu biji juga mengandung likopen yang sangat melimpah, likopen pada jambu biji bermanfaat sebagai anti oksidan, melindungi tubuh dari penyakit kanker.

Seperti kita ketahui bahwa bau mulut tak sedap bisa saja muncul disebabkan oleh adanya penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit ini biasanya membuat bau mulut penderita menjadi tidak sedap, likopen pada jambu biji bermanfaat untuk meminimalisir bau mulut tak sedap akibat kanker. 

Lemon

Lemon memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mulut, seperti kita ketahui bahwa bau mulut yang dialami seseorang juga bisa disebabkan gangguan pencernaan seperti usus yang kotor. Kandungan vitamin C pada buah jaruk lemon bisa menghilangkan bau mulut akibat saluran pencernaan dengan cara mengefektifkan kerja zat antioksidan catechin.

Catechin sendiri bisa didapat dengan mengkonsumsi teh hijau namun ketika sampai di usus khasiat Catchin biasanya tidak terserap oleh usus didalam tubuh. Dan Vitamin C pada jeruk lemon bermanfaat menjaga kandungan Catchin agar diserap secara baik dalam usus tubuh.


Buah Pir

Buah pir hampir sama dengan kandungan yang ada pada buah apel merah, buah pir mengandung serat yang sangat banyak, serat pada buah pir inilah yang bermanfaat membersihkan gigi dan gusi dari kuman, dan juga membantu mulut memproduksi air liur secara baik dan teratur. Karena bau mulut juga biasanya disebabkan oleh berkurangnya aliran air ludah atau mulut kering.

Wortel

Wortel dipercaya mengandung banyak vitamin A yang bermanfaat sebagai pencegah penyakit jantung, penangkal kakner, dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubu, selain vitamin A, buah wortel juga kaya akan beta karoten, beta karoten sangat dibutuhkan oleh tubuh, beta karoten bermanfaat menjaga kesegaran tubuh, dan tubuh yang segar tentu dapat dengan mudah menghilangkan bau mulut.

Mentimun

Setidaknya ada 13 manfaat utama buah mentimun dan salah satu manfaat buah ini adalah menghilangkan bau mulut yang diakibatkan oleh penyakit mulut seperti gigi berlubang dan gusi yang disebut pyorrhea dapat diobati dengan meminum jus buah mentimun secara teratur, buah mentimun juga bermanfaat untuk meningkatkan air liur dalam mulut dan bermanfaat juga menetralisasikan asam dan basa dalam rongga mulut.

TAGS : Tips Kesehatan Bau Mulut Buah




TERPOPULER :