Minggu, 18/11/2018 07:14 WIB

Waspada! Jangan Sepelekan Gigi Berlubang

Masalah gigi yang dianggap sepele justru bisa berakibat fatal bagi kesehatan.

Masalah gigi yang dianggap sepele justru bisa berakibat fatal bagi kesehatan (Foto: Ilustrasi/Newscastledental)

Bekasi - Rendahnya tingkat kesadaran dalam menjaga kebersihan dan pemeriksaan gigi secara rutin membuat banyak orang beresiko terkena gangguan gigi berlubang. Jika dibiarkan terus menerus, gigi berlubang akan berpengaruh pada kesehatan, bahkan akan menimbulkan penyakit kronis yang berakibat fatal.

Masalah gigi yang dianggap sepele justru bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh karena jika tidak ditangani dengan benar, gigi berlubang bisa menyebabkan infeksi dalam jaringan tubuh.

Gigi berlubang adalah gigi yang ada lubang hitam atau tanda hitam di bagian permukaan gigi, disamping gigi atau di bagian depan gigi. Penyebab gigi berlubang adalah sisa makanan yang tertimbun dan tidak disikat dengan bersih akhirnya menyebabkan karies.

Bila sudah sampai ke bagian saraf gigi maka akan sakit dan tidak bisa tidur selama 2 malam. Hal itu harus dilakukan perawatan saraf gigi serta dilakukan 3 kali kunjungan untuk pengobatannya.

Setelah dirawat itu akan diisi lagi, saraf giginya untuk kembali normal menjadi ke gigi yang sehat. Kemudian bila gigi berlubang. Lubangnya dibagian email itu akan ditambal permanen, tapi kalau sudah mulai bagian saraf itu harus dilakukan perawatan saraf.
 
Untuk pencegahannya adalah menyikat gigi pada pagi dan malam dan berkunjung ke dokter gigi 6 bulan sekali meskipun sedang tidak sakit gigi. Bagi orang yang merokok sebaiknya dibersihkan karang giginya setiap 6 bulan sekali sehingga gigi tidak cepat berlubang ataupun goyang.

Serta janganlah makan yang manis-manis seperti coklat, gula-gula, ataupun makanan snack yang cepat membuat gigi berlubang. Untuk anak-anak jangan meminum susu botol (dot) karena bisa menyebabkan gigi berlubang bila tidak rajin pula untuk menggosok giginya pagi dan malam

TAGS : gigi berlubang kesehatan




TERPOPULER :