Rabu, 19/09/2018 15:38 WIB

Hati-hati! Menahan Kencing Bisa Berujung Kematian

Namun walau dengan alasan apapun menahan kencing merupakan tindakan yang membahayakan kesehatan manusia.

Ilustrasi menahan kencing (foto:google)

Jakarta - Terkadang menahan kencing menjadi suatu yang lumrah di masyarakat, terlebih jija kesulitan mencari toilet atau kamar mandi untuk kencing. Namun, tak jarang juga yang sengaja menahan kencing hanya karena sedang melakukan aktivitas tertentu.

Namun walau dengan alasan apapun menahan kencing merupakan tindakan yang membahayakan kesehatan manusia bahkan bisa berujuang pada kematian. Pasalnya buang air kecil, yang ditandai dengan proses pengeluaran urin pada manusia merupakan suatu hal yan wajar dan umum terjadi.

Proses buang air kecil ini menandakan bahwa sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh bekerja dengan baik dan normal. Semua kotoran dan sisa – sisa pencernaan yang sudah seesai disaring dan dibersihkan oleh tubuh akan keluar melalui urin.

Berikut beberapa bahaya yang mengancam jika keseringan menahan buang air kecil dikutif Halosehat:

#Menahan Pembuangan Kotoran dalam Tubuh

Salah satu bahaya menahan buang air kecil terlalu lama ialah membiarkan kotoran berada di dalam tubuh lebih lama. Apabila menahan untuk membuang air kecil, artinya Anda menunda dan menumpuk kotoran – kotoran sisa pencernaan di dalam tubuh. Hal ini berarti tubuh harus menyimpan kotoran lebih lama. Kotoran – kotoran tersebut mengandung banyak zat – zat berbahaya bagi tubuh,  yang tentu akan menimbulkan infeksi.

#Mengganggu Proses Pencernaan

Menahan buang air kecil tentu akan mengganggu dan merusak proses pencernaan yang terjadi di dalam diri. ketika proses pencernaan harusnya sudah selesai, namun tidak dituntaskan, maka hal tersebut dapat mengganggu proses pencernaan berikutnya. Proses pencernaan berikutnya bisa mengalami penundaan karena anda belum membuang sisa hasil pencernaan sebelumnya.

#Merusak Organ-organ Pencernaan

Selain dapat menggangu proses pencernaan, menahan kencing juga tentu akan merusak organ – organ yang bertugas untuk melancarkan proses pencernaan. Beberapa organ seperti ginjal, kandung kemih dan saluran kencing akan sangat terganggu fungsinya.

#Infeksi pada Ginjal

Menahan kencing berarti Anda telah menumpuk urin yang seharusnya dikeluarkan pada bagian ginjal. Hal ini akan membuat terjadinya infeksi pada ginjal, yang bisa berujung pada kematian.

#Infeksi Saluran Kencing

Menahan kencing juga bisa mengakibatkan adanua infeksi pada saluran kencing karena adanya bakteri dan kotoran yang menempel pada bagian tersebut.

TAGS : Kencing Tips Kesehatan Penelitian




TERPOPULER :