Minggu, 18/11/2018 04:24 WIB

Tips Sehat Menjelang Usia Lanjut

Cara hidup yang sehat harus diterapkan sejak muda, jangan saat memasuki lansia.

Ilustrasi lansia sedang berolahraga.

Jakarta - Saat usia lanjut seseorang rentan mengalami berbagai masalah fisik. Hal ini dikarenakan faktor agin atau penuaan yang bergerak dinamis. Kendati demikian, bukan berarti di masa tua seseorang tidak bisa hidup sehat. Saat lansia juga bisa tetap sehat, mandiri, dan berdaya guna. Namun, untuk mencapai hal itu tidak bisa instan dan harus dipersiapkan sejak menjelang lansia.

Dokter spesialis penyakt dalam RS Tebet Dr Asril Bahar SpPD K-P K-Ger mengatakan di Indonesia, orang lebih peduli ketika mengalami sakit dibandingkan menjaga kesehatannya. Padahal, dengan tetap menjaga kesehatannya di masa muda akan membuat masa lansia mereka tetap sehat, mandiri, dan berdaya guna.

“Cara hidup yang sehat harus diterapkan sejak muda, jangan saat memasuki lansia. Sebab, sebagian besar yang dialami oleh lansia lebih disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat,” ungkap dr Asril di sela peringatan HUT ke-36 RS Tebet di Jakarta, Selasa (10/4).

Untuk itu, dr Asril pun memberikan beberapa tips sehat menjelang lansia. Pertama, sebaiknya setiap orang menjalani medical check up berkala untuk mengetahui kondisi tubuhnya sendiri. Apabila masih berusia 30 tahun, ada baiknya melakukan check up sebanyak 2-3 tahun sekali, diatas 40-50 tahun sebanyak setahun sekali, dan apabila sudah memasuki usia 60 tahun sebaiknya melakukan check up sebanyak enam bulan sekali.

“Medical Check up sebaiknya dimulai pada usia 30 tahun, mengingat diusia tersebut penyakit degeneratif sudah mulai muncul,” tegasnya.

Kedua, lanjut dr Asril, tetap aktif dengan melakukan aktifitas fisik. Lebih baik lagi apabila melakukan olahraga sebanyak tiga kali seminggu selama 30 menit. Olahraga yang dilakukan pun sebaiknya yang ow impack, seperti jalan kaki dan speda statis.

Ketiga yang tak kalah penting adalah nutrisi seimbang. Ada baiknya apabila sejak usia muda menjaga asupan yang rendah karbohidrat, kolesterol, dan lemak. Terakhir, mengelola stres. “Apabila semua ini telah dijaga, pada lansia pun akan tetap sehat, mandiri dan berdaya guna,” tutup dia.

TAGS : Lansia gaya hidup sehat RS Tebet




TERPOPULER :