Senin, 18/02/2019 11:20 WIB

Hati-hati! Ini Bahaya Ciuman Bibir dengan Pacar

Label pacaran membuat banyak pasangan merasa berhak melakukan sesuatu yang lebih dari sekedar teman

Robin Charles Thicke dan pacarnya, April Love Geary (Foto: Istagram)

Jakarta - Rasa cinta yang dimiliki membuat pasangan yang berpacaran rela melakukan segala hal demi menyenangkan pasangannya. Bahkan tak peduli walau harus melakukan hal yang tak layak dilakukan, demi membahagiakan pasangannya.

Label pacaran membuat banyak pasangan merasa berhak melakukan sesuatu yang lebih dari sekedar teman. Seperti bermesraan, selalu berduaan, berpelukan hingga ciuman di bibir.

Namun dengan gaya pacaran tersebut, yang awalnya hanya bermesraan hingga ciuman di bibir, tak jarang berujung pada kejadian hamil di luar nikah. Tentu itu merupakan suatu kejadian yang tak diinginkan. 

Meski ciuman bibir nampak terlihat biasa saja, namun ternyata hal itu bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan seperti beberapa penyakit berikut dilansir Cintalia:

Bisa Menularkan Penyakit HIV/AIDS.

Salah satu efek negatif dari ciuman di bibir dengan pacar ialah bisa menularkan penyakit HIV. Hal itu terjadi bisa melalui air liur. Penyakit menular yang berbahaya ini bisa saja dimiliki pacar kamu dan membuat kamu juga ketularan.

Siapa yang tahu pacar kamu itu sehat-sehat saja? Apalagi jika kamu baru berhubungan beberapa bulan dengan si pacar yang berarti kamu belum banyak mengenal bagaimana pergaulan pacar kamu di luar sana.

Sebaiknya kamu berpikir dua kali untuk berciuman bibir dengan pacar kamu jika tidak ingin terserang virus mematikan ini.

Bisa Terkena Virus Herpes

Herpes merupakan penyakit menular yang biasa menyerang bagian genital manusia dan juga bisa menyerang area mulut dan kulit. Penularannya pun juga sangat mudah yakni melalui kontak langsung dengan orang yang terserang. Virus ini memiliki banyak jenis dan akan menyebabkan infeksi pada kulit,  organ kelamin,  mulut dan bibir.

Nah jika pacar kamu telah terkontaminasi oleh virus ini maka siap-siap saja kamu juga akan ketularan dan biasa orang yang terserang virus ini tidak akan menyadari kalau dirinya telah terinfeksi yang nantinya baru diketahui setelah virus ini bekerja dan menginfeksi.

Bisa Terkena Penyakit Hepatitis B.

Penyakit Hepatitis B ini bisa menular melalui air mani, darah dan air liur dan penularannya yang paling mudah adalah ketika berciuman. Bahaya penyakit hepatitis ini bisa menimbulkan kerusakan hati, sirosis hingga kanker hati.

Jadi waspadalah jika kamu ingin berciuman bibir dengan si pacar dan lebih baik lagi kalau kamu tidak melakukannya saat masih pacaran.

Terjangkit Bakteri Meningokokus.

Mulut bisa menjadi sarang bakteri jika kebersihannya tidak terjaga dan apalagi jika berciuman maka bakteri yang ada di mulut bisa menyebar. Bakteri ini bisa menyebabkan radang di selaput otak dan tulang belakang atau yang dikenal dengan penyakit meningitis.

Selain itu bakteri ini juga bisa menyebabkan kamu keracunan darah atau infeksi darah yang dikenal dengan penyakit septikemia yang juga bisa menyebabkan terjadinya sepsis yakni terjadinya radang pada seluruh tubuh yang bisa menyebabkan darah membeku serta terhentinya oksigen menuju organ vital dalam tubuh.

Bisa Terserang Kutil Mulut.

Salah satu penyakit yang paling mengerikan akibat ciuman di bibir adalah terserang kutil mulut. Kutil ini memiliki banyak jenis yang salah satu jenisnya biasa tumbuh pada sekitar hidung dan mulut dalam bentuk yang kecil-kecil yang dinamakan kutil filiform akibat virus HPV yang bisa menular lewat berciuman bibir jika ada luka terbuka pada area mulut.

Sebaiknya kenali ciri-ciri orang yang pernah ciuman di bibir yang mungkin saja ada pada pacar kamu. Bayangin deh kalau kamu ketularan penyakit gara-gara ciuman dan akhirnya si pacar malah ninggalin kamu?

TAGS : Ciuman Bibir Pacaran Tips




TERPOPULER :