Rabu, 26/09/2018 03:54 WIB

PBB Dukung Upaya Mentan Lindungi Petani

Kampanye hitam tentang sawit Indonesia adalah sesuatu yang tidak berdasar

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menerima delegasi menerima kunjungan Pelopor Khusus Dewan HAM PBB Jakarta, Senin (9/4).

Jakarta - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendukung Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman dalam melindungi petani termasuk dalam mendorong perlindungan pada varietas-varietas padi, dan komoditi lainnya yang dikembangkan petani di daerah-daerah (varietas lokal).

Demikian disampaikan dalam kunjungan Pelopor Khusus Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (HAM PBB) untuk Hak atas Pangan ke Indonesia, di Gedung Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta, Senin (9/4).

Ditempat tersebut, PBB mengapresiasi kinerja Mentan karena beberapa komoditi pangan strategis sudah berhasil swasembada, bahkan sudah berhasil melanglang buana ke kebeberapa negara tetangga.

"Kami apresiasi Mentan di dalam melindungi petani, dengan memberikan bantuan-bantuan saprodi, alat dan mesin pertanian, serta memperpendek rantai pasar produk pertanian, yang semuanya didesikasikan untuk meningkatkan pendapatan petani dan pengentasan kemiskinan," kata Hilal Ever 

Hilal Ever mengatakan kesejahteraan jutaan keluarga pekebun yang hidup dari sawit lebih patut dilindungi dibandingkan orang hutan yang menghuninya, sehingga kampanye hitam tentang sawit Indonesia adalah sesuatu yang tidak berdasar.

"PBB akan terus mendukung upaya Mentan dalam melindungi petani termasuk dalam mendorong perlindungan pada varietas-varietas padi, dan komoditi lainnya yang dikembangkan petani di daerah-daerah (varietas lokal)," jelasnya.

TAGS : Kementan Amran Sulaiman HAM PBB




TERPOPULER :