Rabu, 19/12/2018 10:03 WIB

Simak 4 Tanda Anak Mengalami Pubertas

Sebagai orangtua, jika ingin bersiap menghadapi pubertas anak, maka lihatlah beberapa tanda awal berikut.

Ilustrasi tanda anak pubertas.(Foto : pinteres.com)

Jakarta - Orangtua pasti sangat gembira saat melihat anak mereka beranjak dewasa. Sebagai orangtua, Anda pasti tidak ingin melewatkan setiap tahap kehidupan sang buah hati dan akan membantunya. Pubertas juga merupakan salah satu fase terpenting kehidupan anak yang sedang tumbuh.

Pubertas melibatkan keadaan fisik dan mental anak-anak yang berkembang, agar dia menjadi dewasa. Lalu apa saja tanda anak mengalami pubertas? Berikut penjelasannya.

1. Perkembangan payudara bagi anak perempuan
Saat pubertas mulai terjadi pada anak perempuan, salah satu tanda pertama yang terlihat adalah perkembangan payudara. Buah dada mulai membentuk dan mungkin sangat menyakitkan serta lembut selama beberapa bulan, sampai mereka sepenuhnya berkembang.

2. Tumbuh rambut halus
Saat anak perempuan dan laki-laki pubertas, akan terlihat perubahan fisik sekunder seperti mulai tumbuhnya rambut halus di ketiak, kaki dan daerah kemaluan. Bagi anak laki-laki mungkin akan tumbuh kumis dan jenggot.

3. Suara anak laki-laki berubah dan jakun menonjol
Selama pubertas, suara anak laki-laki semakin dalam dan lebih kasar, proses ini disebut sebagai "pemutusan suara". Selain itu, jakun juga mulai menonjol keluar. Nah, jika anak laki-laki kamu mengalami ini, itu tandanya dia mulai pubertas.

4. Perubahan Mood
Saat fase pubertas anak mengalami perubahan hormonal dalam tubuhnya sehingga mempengaruhi emosi anak. Remaja mengalami beberapa perubahan mood yang ekstrem. Mereka mungkin tiba-tiba cenderung menjadi agresif, depresi, pemalu atau sedih, tanpa alasan yang jelas. Selain itu, remaja saat pubertas mulai mengembangkan hasrat seksual dan pikiran, yang sekali lagi merupakan hasil perubahan hormon.

TAGS : Perkembangan Anak Pubertas Tanda Dewasa




TERPOPULER :