Minggu, 18/11/2018 03:03 WIB

Jenis Makanan Berikut Bisa Perbaiki Suasana Hati

Suasana hati yang buruk akan membuat hari-hari Anda kurang menyenangkan dan tidak bersemangat.

Ilustrasi makanan sehat yang dapat memperbaiki suasa hati.

Jakarta - Asupan nutrisi kurang, ras lelah, stress dan cuaca ekstrem dapat mempengaruhi suasana hati/mood Anda. Beberapa makanan yang telah diuji diakui mampu memperbaiki suasana hati Anda sehingga tetap bersemangat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Berikut ini lima jenis makana yang berkhasiat untuk memperbaiki suasana hati Anda:

1. Jeruk
Buah jeruk seperti jeruk nipis dan lemon memliki kandungan vitamin c yang dipercaya bisa mengurangi stres. Hal ini merujuk pada hasil penelitian Psychopharmacology pada 2002. Jadi, ketimbang mengkonsumsi "junk food" saat stres, lebih baik mencoba makanan yang lebih sehat untuk membantu Anda lebih tenang.

2. Daging, ikan dan kalkun
Ikan, daging dan kalkun mengandung vitamin B12 dalam jumlah tinggi. Vitamin ini membantu menjaga homocysteine berada pada level rendah. Berdasarkan artikel Archieves of General Psychiatry, homocysteine dalam jumlah tinggi dapat menjadi indikator depresi terutama pada perempuan.

3. Ikan dan benih lenan
Makanan terutama yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan tuna dan salmon, benih lenan dan minyaknya bisa membantu tubuh melawan emosi negatif dan sebaliknya, akan mendatangkan dampak positif bagi suasana hati.

4. Cokelat hitam
Sedikit asupan cokelat hitam bisa meningkatkan jumlah hormon endorfin tubuh. Hormon ini berhubungan dengan perasaan bahagia.

5. Kacang, telur dan sayuran hijau
Makanan yang mengandung vitamin B mampu menciptakan neurotransmitter seperti serotonin dalam tubuh yang membantu pikiran lebih tenang dan mengurangi rasa cemas.

TAGS : Tips kesehatan stres suasana hati makanan sehat




TERPOPULER :