Rabu, 19/12/2018 10:16 WIB

Jangan Khawatir Terhadap 5 Hal Ini

Tidak semua hal dalam hidup Anda perlu dikhawatirkan karena hal itu dapat merugikan Anda sendiri.

Ilustrasi

Jakarta - Rasa khawatir kerap kali muncul saat Anda mendapat masalah atau ragu terhadap suatu hal yang akan dilakukan. Kekhawatiran akan hal yang buruk adalah wajar, hanya saja rasa khwatir yang berlebihan justru dapat merugikan Anda sendiri.

Tidak semua hal dalam kehidupan harus Anda khawatirkan. Berikut lima hal yang sebaiknya tidak perlu lagi Anda khawatirkan.

1. Tuntutan memiliki tubuh ideal
Memiliki tubuh yang tidak ideal atau tidak normal seringkali dianggap masalah besar sehingga muncul rasa khawatir. Seseorang akan menuntut diri memiliki tubuh normal atau tinggi dan berat badan seimbang sehingga melakukan berbagai cara untuk diet bahkan diet ekstrem sekalipun.
Tidak perlu khawatir, daripada Anda menekan diri untuk memiliki tubuh langsing, sebaiknya berolahraga, karena bergerak bisa memberi Anda energi serta meningkatkan mood. Selain itu, makanlah makanan sehat dengan porsi yang tepat agar pikiran lebih jernih dan tidur lebih nyenyak.

2.  Merasa bersalah karena berkata "tidak"
Rasa bersalah tak jarang menghantui saat Anda berkata "tidak" kepada seseorang. Entah itu memang karena Anda tak punya waktu, atau karena alasan mendesak lainnya.

Ahli kesehatan, Gail Saltz, MD, merekomendasikan begini, "Terima kasih karena sudah meminta saya. Tapi, saya memiliki banyak urusan saat ini, sehingga tak bisa membantu,".

3. Membandingkan kehidupan orang lain
Saltz mengungkapkan, saat membandingkan kehidupan yang dijalani dengan kehidupan orang lain, berarti orang mulai tak peduli dengan dirinya. Sejalan dengan itu, bisa-bisa kebahagiaan orang itu juga ikut terenggut.

4. Menggunakan kata "seharusnya"
Anda tahu pemikiran, misalnya," Saya harusnya lebih banyak waktu untuk bekerja atau lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga" dan sebagainya?

Saltz mengungkapkan, pemikiran seperti ini bisa menjadi kebiasaan dan bisa berujung pada perasaan Anda adalah orang tua yang buruk, karyawan yang tidak produktif, padahal kenyataannya tidak begitu. Lakukanlah hal-hal sebaik mungkin. Berhentilah menggunakan kata "seharusnya".

5. Perfeksionistis
Sadarilah tak ada manusia yang sempurna. Penulis Dominique Bertolucci dalam bukunya,"The Kindess Pact", menyarankan orang menerima semua ketidaksempurnaan yang dimilikinya. Mengakui kekurangan akan membuat orang lebih kuat. Setelah itu, kembangkanlah kemampuan postif yang dimiliki.

TAGS : Rasa Cemas Khawatir Tips Kesehatan Olahraga




TERPOPULER :