Minggu, 23/09/2018 07:15 WIB

Segudang Khasiat Jamur Maitake Bagi Kesehatan

Pada zaman Jepang kuno, kalangan istana bersedia menukar jamur maitake dengan perak dengan berat yang sama.

Dr. Handrawan Nadesul memberikan kiat cerdas agar kita bisa mencegah dan menghadapi serangan kanker pada peluncuran buku Maitake Lebih dari Sekadar Jamur Antikanker oleh Trubus bekerja sama dengan Gramedia juga didukung oleh Multicare di Gramedia Matraman, Jakarta Sabtu (24/3).(FOTO : ISTIMEWA)

Jakarta - Selain untuk kanker, ternyata maitake juga bermanfaat untuk mengatasi diabetes, hipertensi, kolesterol, dan obesitas. Jamur yang  berasal dari Jepang ini telah dipercaya bermanfaat untuk kesehatan sejak zaman Edo atau sekitar tahun 1800-an. Jamur ini sangat langka karena habitatnya sangat spesifik dan tidak akan tumbuh kembali di tempat yang sama.

Pada zaman Jepang kuno, kalangan istana bersedia menukar jamur maitake dengan perak dengan berat yang sama. Tak heran orang yang menemukan jamur maitake akan menari kegirangan. Dari situlah asal julukan maitake sebagai The Dancing Mushroom.

Menurut Dr. Handrawan Nadesul, kanker selain disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan juga dipicu oleh gaya hidup tidak sehat dan pengaruh lingkungan.

"Faktor lingkungan banyak berasal dari serangan radikal bebas yang datang dari beragam bentuk polusi yang hampir mustahil kita hindari setiap hari," kata Dr. Handrawan pada peluncuran buku Maitake Lebih dari Sekadar Jamur Antikanker oleh Trubus bekerja sama dengan Gramedia juga didukung oleh Multicare di Gramedia Matraman, Jakarta Sabtu (24/3).

Faktor gaya hidup antara lain kurang gerak, stres, dan pola makan tidak sehat seperti makan makanan/minuman berbahan pengawet dan mengandung pemanis buatan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan membanjirnya radikal bebas dan bahan karsinogenik yang memicu kanker. "Maka dukungan ekstra antioksidan dan sistem imun dari suplemen kesehatan sangat dianjurkan untuk menangkal kanker," katanya.

Imam Wiguna, penulis buku Maitake Lebih dari Sekadar Jamur Antikanker yang pernah berkunjung langsung ke produsen maitake terbesar di Jepang (Yukiguni) menjelaskan, Maitake produksi Yukiguni memiliki kualitas yang sangat baik.

"Karena semua tahapan budidaya dan ekstraksi serba terkontrol dan terstandardisasi sehingga manfaat kesehatannya optimal," kata Imam.

Untuk mengetahui lebih lengkap informasi tentang maitake dapat dibaca di buku Maitake Lebih dari Sekadar Jamur Antikanker yang pokok bahasannya meliputi: Mengenal Maitake, Bukti Khasiat Maitake, Bukti Ampuhnya Maitake, Tanam Maitake Ala Yukiguni, Menjaga Mutu Maitake.

Di Indonesia, manfaat  maitake produksi Yukiguni bisa diperoleh lewat Vitacare Maitake Pro dari Multicare. Produk ini mengandung bubuk maitake dan Maitake D-Fraction yang merupakan intisari maitake sehingga memiliki potensi kesehatan yang optimal.

TAGS : jamur maitake kanker kesehatan buku




TERPOPULER :