Minggu, 18/11/2018 14:41 WIB

Aktor Vino G Bastian dan Reza Rahadian Dukung Kampanye TBC

Dua aktor ini punya pengalaman dimana seorang teman mereka pernah menderita TBC.

Vino G Bastian mendukung kampanye #PeduliKitaPeduliTBC.(FOTO : ANDI MARDANA/JURNAS.COM)

Jakarta - Dua aktor papan atas Vino G Bastian dan Reza Rahadian turut serta mendukung kampanye #PeduliKitaPeduliTBC suatu gerakan peduli penyakit Tuberculosis (TBC).

"Sekarang saatnya kita bener-bener peduli dengan TBC. Dulu TBC dikenal penyakit yang biasa aja dan ternyata penyakit ini tidak lagi hanya terjadi di daerah terpencil dan di lingkungan yang kotor," kata Vino saat jumpa pers #PeduliKitaPeduliTBC, di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (25/3).

Vino dan Reza juga menceritakan bahwa mereka punya pengalaman dimana seorang teman mereka pernah menderita TBC.

"Tahun lalu ada temen di Bali yang biasanya antar jemput kalau kita ke sana tiba-tiba ngilang sekitar 6 bulan ternyata dia terkena TBC. Dua bulan kemudian dia kembali sudah sembuh," jelas Vino.

Suami Marsya Timoti ini mengaku terkejut setelah mengetahui fakta bahwa penyakit menulat yang disebabkan kuman Mycobacterium Tuberculosis banyak merenggut nyawa penduduk Indonesia.

"Sebagai orang awam saya kaget mengetahui fakta ini. Indonesia merupakan negara terbesar kedua setelah India dengan kasus TBC terbanyak. Setiap tahun ada 1 juta kasus baru, dan setiap hari ada 300 yang meninggal akibat TBC. Dari 100 persen orang yang menderita TBC hanya 1/3 yang memeriksakan diri ke dokter," kata Vino menjelaskan.

Sementara Reza, mengaku dirinya terlibat dalam kampanye ini dengan membuat video durasi pendek dengan menyampaikan pesan peduli TBC.

"Begitu saya tahu ada kampanye ini, saya ikut mendukung. Kita rame-rame membuat video ini. Meskipun apa yang kita lakukan ini tidak besar tapi semoga bisa memberikan dampak baik bagi masyarakat luas sebagai bentuk awareness kita," jelas aktor yang memenangkan banyak Nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik.

TAGS : Vino G Bastian Reza Rahadian TBC




TERPOPULER :