Kamis, 04/03/2021 19:00 WIB

Di Padang, Zulkifli Hasan Bicara Keteladanan KH Agus Salim

Keteladanan tokoh bangsa ia sampaikan adalah untuk meneguhkan identitas kebangsaan generasi muda

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Padang - Bagi Ketua MPR Zulkifli Hasan, Sumatera Barat punya keistimewaan tersendiri. Dari Sumbar lah lahir tokoh tokoh besar pendiri bangsa seperti KH Agus Salim, Muhammad Hatta dan Buya Hamka.

Salah satu tokoh besar yang menginspirasi Zulkifli Hasan adalah KH Agus Salim, Menteri Luar Negeri pertama RI sekaligus peletak dasar dasar diplomasi Indonesia.

"KH Agus Salim adalah generasi pejuang intelektual generasi pertama yang dimiliki Indonesia. Menguasai 10 bahasa, pandai berdiplomasi dan walaupun Indonesia baru merdeka tapi berani tegak di hadapan bangsa lain," kata Zulkifli. 

Hal ini disampaikan Zulkifli Hasan saat menyampaikan Pidato Kebangsaan di hadapan 1000 lebih mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol, Kamis (22/3).

Acara ini merupakan rangkaian acara Deklarasi Gerakan Kami Indonesia di Padang Sumatera Barat. Salah satu keteladanan utama yang dimiliki Agus Salim adalah prinsipnya untuk hidup sederhana dan mengabdi tanpa pamrih.

"Prinsip beliau Leiden is Liijden bahwa Memimpin itu jalan Menderita. Menjadi pemimpin bukan untuk kaya tapi mengabdi sepenuhnya untuk bangsa," kata Zulhasan.

Keteladanan tokoh bangsa ia sampaikan adalah untuk meneguhkan identitas kebangsaan generasi muda. "Indonesia itu bukan terjadi langsung seperti ini, tapi melalui proses panjang perjuangan pendiri bangsa. Jangan sampai era teknologi Informasi dan media sosial ini membuat generasi muda lupa sejarah," tutupnya.

Hadir bersama Zulkifli Hasan dalam Roadshow Gerakan Kami Indonesia tersebut Wakil Ketua MPR Mahyudin, Mantan Ketua KPK Abraham Samad dan Anggota DPD RI Asri Anas.

TAGS : Warta MPR Keteladanan Padang




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :