Minggu, 05/07/2020 11:08 WIB

5 Alasan Jangan Usir Sepi dengan Aplikasi

Ketika sedang sedih dan kesepian, sebagian orang dengan mudah mengunduh aplikasi kencan.

ilustrasi kesepian

Jakarta - Melalui layar gawai mungil Anda merasa tidak kesepian sebab ada banyak orang kesepian lainnya mencari cinta. Namun, apakah aplikasi ini adalah solusi dari kesepian? Banyak penelitian menunjukkan bahwa media sosial memang bisa mengurangi efek kesepian, tetapi jika dibarengi dengan interaksi nyata dengan manusia lain.

Kenapa Anda janga terlalu berharap dengan aplikasi kencan, ini alasannya:

1. Bahagia sesaat

Hampir sama seperti kecanduan, kamu akan merasa bahagia sesaat kalau buka gawai dan mendapati foto kamu dalam 100 like atau 10 match di aplikasi kencan, tetapi ini adalah perasaan semu sebab tidak mencerminkan keintiman sama sekali. Jadi, kamu malah berhubungan dengan gawai terus menerus, bukan dengan manusia.

2. Standar yang tidak realistis

Sebuah penelitian tahun 1955 menunjukkan bahwa punya banyak pilihan malah membuat lebih sulit. Kita malah lebih yakin kalau pilihan kita sedikit. Menemukan ribuan pilihan di aplikasi memang membuat mudah tetapi sesudah berkali-kali kencan masih merasa kesepian sebab tidak menemukan yang diinginkan. Kamu bisa saja kencan dengan lima orang berbeda dalam seminggu tetapi tetap merasa kesepian, sebab kesepian itu bukan kuantitas tapi kualitas.

3. Ilusi kecocokan

Ada ilusi bahwa jika menemukan yang cocok maka kita akan lebih mudah dipahami padahal kita semua adalah makhluk rumit yang tidak dengan mudah dipahami orang lain dengan hobi yang sama. Belahan jiwa tidak semudah itu ditemukan dengan sekali dua kali bertemu.

4. Tenggelam dan tersesat
Semakin tenggelam dalam aplikasi kencan, maka mengecek notifikasi dan pesan menjadi seolah rutinitas belaka tanpa getaran cinta sama sekali. Akhirnya waktu habis di balik gawai, membalas pesan dengan sebuah harapan akan menemukan si dia. Padahal kalau waktu habis di luaran sana bisa jadi ada belahan jiwa yang lebih berkualitas.

5. Menemukan harapan palsu
Semakin singkatnya perhatian membuat tak ada waktu lagi untuk one night stand, alias berhubungan seks dengan singkat sekali saja. Maka pengguna aplikasi kencan mengkorting lagi istilah yang sensual itu menjadi cuma half night stand, alias tidak sampai sehari semalam. Ini semua karena kesibukan kerja dan aktivitas yang tidak memungkinkan untuk semalam suntuk kencan lalu pergi. Jadi, hanya bercinta lalu pergi begitu saja tanpa tidur semalam. Nah, makna seperti apa yang bisa didapat dari hubungan seperti ini?

Tetapi jika melihat dari film Love for Sale, Richard belajar banyak dari hasil menggunakan aplikasi kencan, sebuah pelajaran yang tidak terduga. Pelajaran apa itu? Love for Sale sudah rilis di bioskop dari 15 Maret lalu.

TAGS : aplikasi kencan Usir kesepian Tips Bahagia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :