Sabtu, 27/04/2024 00:30 WIB

Kombinasi Vitamin Neurotropik dapat Mengurangi Gejala Kerusakan Saraf

Selama masa penelitian, responden mengonsumsi satu tablet Vitamin Neurotropik sekali sehari setelah makan.

Hasil Studi Klinis 2018 NENOIN mengumumkan bahwa konsumsi kombinasi vitamin Neurotropik secara rutin dan berkala dapat mengurangi gejala neuropati.(FOTO : ANDI MARDANA/JURNAS.COM)

Jakarta - Hasil Studi Klinis 2018 NENOIN (Penelitian Non-intervensi dengan vitamin neurotropik) mengumumkan bahwa konsumsi kombinasi vitamin Neurotropik secara rutin dan berkala dapat mengurangi gejala neuropati seperti kebas, kesemutan, rasa terbakar dan rasa sakit secara signifikan.

Pada hasil studi juga ditemukan bahwa kombinasi vitamin Neurotropik memiliki profil toleransi yang baik sehingga aman untuk dikonsumsi jangka panjang. Studi ini sebagai bagian dari komitmen mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik dan sehat lebih lama.

Studi ini melibatkan 411 responden penderita neuropati usia 18 - 65 tahun dengan etiologi berbeda dan mengalami gejala neuropati ringan sampai sedang. Etiologi responden antara lain, diabetes (104 orang), carpal tunnel syndrome (44 orang), Idiopathic (112 orang), penyebab lain (25 orang) dan kombinasi (126 orang).

Selama masa penelitian, responden mengonsumsi satu tablet Vitamin Neurotropik sekali sehari setelah makan. Kombinasi vitamin Neurotropik yang digunakan adalah Vitamin B1 (100mg), B6 (100mg) dan B12 (5000μg) dari Neurobion Forte.

Studi dilakukan di 9 kota besar di Indonesia. Berdasarkan data yang diperoleh setelah 12 minggu, secara keseluruhan gejala neuropati berkurang sebanyak 62,9 persen. Masing-masing pengurangan gejala neuropati berkurang secara drastis, yakni : rasa sakit berkurang 64,7 persen, rasa terbakar berkurang 80,6 persen, rasa kesemutan berkurang 61,3 persen, rasa baal/kebas berkurang 55,9 persen.

Dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K), Ketua Kelompok Studi Neurofisiologi dan Saraf Tepi, Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) Pusat menerangkan, kombinasi vitamin neurotropik yang digunakan terdiri dari Vitamin B1, B6 dan B12.

"Konsumsi kombinasi vitamin Neurotropik menunjukan hasil yang baik terhadap gejala neuropati, bahkan mulai terlihat pada minggu kedua setelah pemakaian secara rutin," kata Manfaluthy, pada pengumuman hasil Studi Klinis NENOIN 2018: Kombinasi Vitamin Neurotropik Terbukti Mengurangi Gejala Kerusakan Saraf Tepi didukung oleh PT Merck Tbk, melalui brand Neurobion, di Jakarta, Jumat (16/3).

Di akhir studi (12 minggu) ditemukan juga bahwa kualitas hidup responden meningkat secara signifikan karena berkurangnya gejala neuropati yang diderita. Selain itu, efek samping dari konsumsi kombinasi vitamin neurotropik secara rutin dan berkala dalam jangka panjang relatif kecil.

"Studi ini juga membuktikan bahwa konsumsi Vitamin Neurotropik tidak hanya mencegah namun juga bisa mengurangi gejala kerusakan saraf tepi yang dialami," jelasnya.

KEYWORD :

Saraf Neuropati Sehat Vitamin B12




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :