Minggu, 18/08/2019 08:47 WIB

Tips Jitu Mengendalikan Keranjingan Berbelanja

Kebiasaan berbelanja yang berlebihan ini harus segera dikontrol.

Suasana di pusat pebelanjaan

Jakarta - Bagi yang kerajingan shopping, untuk memberhentikan kebiasaan berbelanja itu tidak mudah. Apalagi dengan kemajuan teknologi dan gampangnya cara berbelanja dengan gadget. Segala promosi yang terkesan menguntungkan serta cara berbelanja yang dapat dicicil, tanpa disadari sebenarnya dapat menjerat Anda pada kesulitan. Tanpa disadari uang tabungan ludes bahkan dana untuk kebutuhanpun terpakai.

Kebiasaan berbelanja yang berlebihan ini harus segera dikontrol. Dengan niat yang kuat, Anda pasti dapat mengendalikan kebiasaan tersebut. Beberapa hal dapat Anda lakukan untuk menaklukan kerajingan shopping ini, yaitu dengan cara :

1.Tentukan Prioritas Kebutuhan

Buatlah daftar kebutuhan mana saja yang menjadi pengeluaran buat Anda yang wajib di setiap bulannya. Jika bisa, segera kewajiban tersebut dibayarkan agar tidak tergiur untuk dipergunakan  berbelanja. Ingat, Anda jangan sampai tergiur dengan segala promosi yang ditawarkan sehingga melupakan kebutuhan utama Anda.

2.Jauhi Pusat Perbelanjaan Sejenak

Pusat perbelanjaan merupakan godaan terberat Anda untuk dapat mengontrol nafsu belanja. Program diskon yang ditawarkan dapat meruntuhkan niat Anda dalam usaha menghentikan kebiasaan berbelanja. Karena itu, tidak ada salahnya Anda berpuasa dulu dengan mall.

3.Berbelanja Dengan Uang Tunai

Saat Anda berbelanja, sebaiknya membawa uang tunai. Kartu ATM dan kartu kredit Anda sebaiknya tinggalkan saja di rumah. Berbelanja dengan menggunakan kartu dapat membuat Anda tidak menyadari bahwa uang yang Anda keluarkan sebenarnya sudah sangat besar. Jikalaupun Anda harus membawa kartu ATM atau kartu kredit tetaplah bijak dalam menggunakannya.

4.Hindari Membuka Situs Belanja Online

Kemudahan yang diberikan dalam berbelanja online ini sangat menggelitik Anda untuk melakukan transaksi. Apalagi Anda tidak perlu repot antri atau terjebak macet bila ke pusat berbelanjaan. Barang-barang yang ditawarkan serta harga yang lebih murah dapat membuat Anda terhipnotis untuk memilikinya. Sadarkan diri Anda akan prioritas hidup agar tidak terpedaya dengan yang bukan kebutuhan.

Saat Anda mulai tergoda untuk melakukan transaksi belanja, segera alihkan pikiran tersebut.  Anda dapat berpikir untuk mengeksplor hobi Anda, berolahraga atau pergi ke tempat wisata alam yang tentu dapat menenangkan pikiran dan menambah pengalaman hidup. Anda juga harus memikirkan masa depan dengan mengisi kembali tabungan yang kemarin terpakai. Segeralah berubah, jangan dibiarkan Anda terlalu larut terjebak akan kebiasaan berbelanja ini.

TAGS : Gaya Hidup Berbelanja Belanja Online




TERPOPULER :