Minggu, 18/11/2018 04:08 WIB

4 Alasan Kenapa Zona Nyaman Berbahaya

Pernah Anda terpikir unuk keluar dari zona nyaman?

ilustrasi_zona_nyaman

Jakarta - Keluar dari zona nyaman bukan hanya kalimat motivasi tahun 80an yang sudah basi, namun konsep psikologis untuk membantu individu meraih potensi diri terbaiknya.

Zona nyaman adalah ciptaan setiap manusia untuk merasa aman dan nyaman. Memang ada tekanan dan stress tapi itu dalam takaran yang bisa ditanggulangi. Tetapi sebenarnya zona nyaman itu malah menghambat dan berbahaya.

Inilah alasan mengapa zona nyaman itu berbahaya!

1. Kreativitas jadi beku

Karena terlalu nyaman maka kreativitas menjadi terhenti dan susah untuk maju. Kenapa? Sebab tidak ada tantangan sama sekali. Tantangan membuat kreativitas menjadi lebih terasah. Penelitian tahun 2012 menyebutkan bahwa mahasiswa yang belajar di luar negaranya lebih kreatif daripada yang tidak merantau untuk belajar.

2. Jadi tidak sukses

Kebanyakan mereka yang sukses adalah yang sudah menanggulangi masalah baru dalam hidup mereka dan keluar dari zona nyaman. Walau Richard dalam film Love for Sale sudah punya usaha yang terbilang mapan, namun dia tidak merasa hidupnya lengkap atau sukses. Makanya dia marah-marah terus ke karyawannya sendiri.

3. Tidak punya arah dan tujuan

Karena terlalu nyaman, maka hidup seolah tidak ada arah dan tujuan baru. Lihat saja Richard, kesehariannya dalam Love for Sale ya begitu-begitu saja. Dengan mencoba keluar dari zona nyaman yang itu-itu saja maka Richard mendapatkan tujuan baru bersama Arini.

4. Kehilangan kesempatan baru

Diam saja dan tidak berusaha mengubah ritme hidup atau mencari tantangan membuat kamu bisa kehilangan kesempatan baru. Siapa tahu kalau keluar dari zona nyaman kamu bisa mendapatkan hal menarik yang tidak terbayangkan sebelumnya. Tidak hanya itu, potensi kamu akan lebih terasah.

Nah, sudah jelas kan zona nyaman itu malah bikin kamu diam di tempat dan tidak berkembang. Maka tunggu apalagi, segera tinggalkan zona nyaman dan jangan lupa tonton bagaimana Richard mendapatkan pelajaran berharga soal zona nyaman 15 Maret nanti.

TAGS : Zona nyaman Sukses Kreativitas




TERPOPULER :