Kamis, 25/04/2024 11:37 WIB

Sembelit Saat Hamil, Coba Konsumsi Makanan Ini

Gangguan sembelit saat menjalani masa kehamilan memang menganggu, bagaimana solusinya?

Ilustrasi sembelit saat hamil

Jakarta - Sembelit merupakan salah satu keluhan yang akan sering Kamu alami selama menjalani masa kehamilan. Terutama pada usia kehamilan trimester pertama, sembelit akan terjadi karena peningkatan jumlah hormon progesteron dalam tubuh Anda.

Sembelit adalah keluhan yang harus segera atasi karena jika dibiarkan dapat memicu timbulnya wasir. Wasir sendiri merupakan masalah bagi persalinan.

Mengatasi sembelit saat hamil sebaiknya tidak menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia karena berbahaya bagi janin. Sebaiknya, gunakanlah ramuan alami seperti makanan yang mengandung serat tinggi berupa sayur dan buah.

Nah, diantara banyaknya jenis makanan berserat, salah satu yang efektif untuk mengatasi sembelit pada waktu hamil yaitu buah-buahan. Berikut jenis makanan yang dianjurkan untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil:

1. Mentimun
Salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sembelit pada waktu hamil yaitu dengan mengkonsumsi mentimun. Kelompok sayuran yang satu ini mengandung zat besi, posfor, kalsium, vitamin C dan serat. Selain itu, mentimun juga mengandung air cukup tinggi untuk mengatasi sembelit saat hamil.

2. Pepaya
Pepaya sangat efektif dan ampuh dalam mengatasi sembelit pada ibu hamil. Pepaya mengandung vitamin dan serat cukup tinggi. Disamping itu, pepaya juga mengandung enzim papain untuk melunakkan feses di dalam usus besar sehingga lebih mudah untuk keluar. Konsumsilah secara rutin untuk membantu mengatasi masalah sembelit.

3. Stroberi
Seperti halnya jenis buah yang lain, stroberi juga mengandung vitamin C cukup tinggi yang berperan penting dalam meningkatkan fungsi dari sistem pencernaan. Selain itu buah stroberi juga sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun sehingga ibu hamil tidak mudah sakit.

4. Buah kismis
Buah kismis terbikti ampuh sebagai pencahar alami untuk mengatasi sembelit pada waktu hamil. Hal ini karena buah tersebut mengandung serat cukup tinggi. Konsumsilah buah tersebut secara rutin pada pagi hari.

5. Cincau
Selain jenis buah-buahan tersebut, untuk mengatasi masalah sembelit pada waktu hamil Anda bisa mengkonsumsi cincau. Selain sebagai obat panas dalam, ternyata cincau ampuh dalam memperlancar kinerja dari sistem pencernaan.

KEYWORD :

Kesehatan Kehamilan Konsumsi Buah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :