Sabtu, 23/01/2021 20:37 WIB

China Tingkatkan Anggaran Belanja Militer 2018

China akan meningkatkan pengeluaran militernya sebesar 8,1 persen pada 2018 dalam upaya untuk lebih memodernisasi senjata dan kapal tentara terbesar di dunia.

Bendera nasional China dikawal oleh penjaga ke alun-alun (Foto: Xinhua/Luo Xiaoguang)

Jakarta - China akan meningkatkan pengeluaran militernya sebesar 8,1 persen pada 2018 dalam upaya untuk lebih memodernisasi senjata dan kapal tentara terbesar di dunia.

Pejabat pemerintah China merilis sebuah dokumen anggaran Senin (05/03) yang menunjukkan rencana pemerintah untuk mengeluarkan sekitar 175 miliar dollar di semua cabang Tentara Pembebasan Rakyat.

"Sebagian besar pertumbuhan anggaran pertahanan adalah untuk menebus pengeluaran militer yang rendah di masa lalu dan terutama digunakan untuk meningkatkan peralatan serta meningkatkan kesejahteraan prajurit dan perempuan serta kondisi hidup dan pelatihan pasukan akar rumput," kata Zhang Yesui, juru bicara Kongres Rakyat China, dilansir UPI.

Kenaikan 8,1 persen sedikit lebih tinggi dari kenaikan tahun lalu sebesar 7 persen. Meskipun terjadi kenaikan, China masih tertinggal jauh dari pengeluaran militer Amerika Serikat yang diperkirakan akan meningkat sebesar 80 dollar miliar tahun depan menjadi total 686 miliar dollar.

Yesui juga menunjukkan bahwa China menghabiskan lebih sedikit produk domestik bruto militernya daripada negara lain.

"Jika kita melihat bagian dari anggaran pertahanan China dalam GDP China atau pengeluaran fiskal nasional dan dalam istilah per kapita, masukan pertahanan China masih lebih kecil daripada kebanyakan negara berkembang," katanya.

China telah menghabiskan 1,3 persen dari PDB untuk pengeluaran militer. Perkiraan independen lainnya, seperti Stockholm International Peace Research Institute, menempatkan angka tersebut pada 1,9 persen pada tahun 2016 lalu.

Amerika Serikat, sementara itu, menghabiskan 3,3 persen PDB untuk pengeluaran militer. Hanya Israel (5,8 persen), Uni Emirat Arab (5,7 persen), Rusia (5,3 persen) dan Arab Saudi (10 persen), menghabiskan lebih banyak PDB mereka untuk pertahanan daripada di Amerika Serikat.

TAGS : China Militer Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :