Sabtu, 22/09/2018 02:13 WIB

Hal Ini Dibutuhkan Traveler Agar Tak Panik Lakukan Perjalanan

Travel Warning bisa dikeluarkan kepada satu wilayah saja, atau sebuah Negara secara keseluruhan. Tergantung jenis penyebab yang membuat pemerintah mengeluarkan peringatan ini.

Ilustrasi

Jakarta - Pasti pernah mendengar istilah Travel Warning bukan? Istilah yang satu ini kerap muncul ketika terjadi peristiwa pada sebuah kawasan atau negara tertentu, yang membuat pemerintah mengeluarkan peringatan perjalanan alias Travel Warning.

Tidak jarang, Travel Warning membuat panik para traveller, baik yang sudah berada di tempat tujuan maupun yang baru berangkat. Peringatan ini juga biasanya membuat para pelaku industri pariwisata was-was, karena berpotensi membuat pendapatan mereka turun.

Sebelum Anda ikutan panik karena baca berita Travel Warning, yuk coba memahami apa sebenarnya peringatan perjalanan ini.

Peringatan Dari Pemerintah

Pada dasarnya, Travel Warning adalah peringatan dari pemerintah sebuah Negara agar warganya tidak pergi ke Negara atau tujuan tertentu. Misalnya, pemerintah Australia mengeluarkan travel warning kepada warganya agar tidak melakukan perjalanan ke Indonesia, khususnya Bali karena Gunung Agung berpotensi meletus.

Travel Warning bisa dikeluarkan kepada satu wilayah saja, atau sebuah Negara secara keseluruhan. Tergantung jenis penyebab yang membuat pemerintah mengeluarkan peringatan ini.

Penyebab Keluarnya Travel Warning

Ada beberapa hal yang membuat pemerintah sebuah Negara memutuskan untuk mengeluarkan travel warning.

Bencana alam

Jika di sebuah Negara terjadi bencana alam seperti badai salju yang buruk, atau gunung meletus, pemerintah bisa mengeluarkan travel warning kepada warganya untuk tidak mendekat ke kawasan tersebut untuk melindungi keselamatan mereka.

Wabah penyakit

Jika di sebuah Negara terjadi wabah penyakit menular yang mematikan, travel warning diberikan agar wabah tersebut tidak terbawa ke Negara asal. Misalnya ketika ramai merebak virus flu babi, yang membuat banyak Negara melarang warganya untuk bepergian ke Negara-negara tertentu di dunia. 

Perang

Jika sebuah Negara sedang dalam kondisi perang, travel warning akan dikeluarkan agar traveller tidak menjadi korban. Untuk kasus perang, travel warning tidak hanya keluar di wilayah tertentu saja, namun biasanya berlaku di seluruh wilayah Negara yang mengalami perang.

Masalah politik

Memburuknya hubungan politis antar Negara biasanya berujung pada keluarnya travel warning. Dengan demikian, kedua Negara yang berseteru sama-sama tidak akan mendapatkan keuntungan dari sector pariwisata. Penyebab buruknya hubungan ini beragam, mulai dari urusan ekonomi, kebijakan politik dan lain sebagainya. 

Masalah keamanan

Ketika di sebuah Negara terjadi ancaman keamanan seperti kasus terorisme, travel warning dikeluarkan untuk keselamatan traveller. Untuk kasus seperti ini, biasanya travel warning dikeluarkan secara mendadak dan dalam jangka waktu yang tidak bisa diperhitungkan.

Beda Travel Warning dan Travel Alert

Selain travel warning, biasanya pemerintah juga mengeluarkan travel alert. Keduanya berbeda. Travel alert adalah sebuah peringatan dari pemerintah bahwa di Negara tujuan sedang dalam kondisi kurang menguntungkan namun jika berminat, traveler masih boleh melakukan perjalanan.

Sementara untuk urusan travel warning, seorang traveller benar-benar dilarang untuk datang ke sebuah Negara. Meski beberapa orang kadang masih melanggar peraturan ini dengan berbagai cara agar bisa sampai ke tujuan.

Bagaimana Kalau Terlanjur Beli Tiket

Tergiur dengan tiket promo pesawat dan beli untuk perjalanan beberapa bulan mendatang, ternyata tiba-tiba di hari H pemerintah mengeluarkan travel warning ke tempat tujuan?

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghubungi pihak maskapai. Biasanya, untuk kasus seperti ini, maskapai akan memberikan solusi untuk penumpang. Bisa dengan tiket promo pesawat ke tujuan lain. Atau beberapa solusi lainnya yang sama-sama menguntungkan baik bagi penumpang maupun maskapai.

Yang perlu diingat adalah travel warning biasanya berlaku singkat. Kecuali jika berhubungan dengan urusan keamanan Negara dan juga masalah diplomasi.

Agar perjalanan Anda lebih aman, sebelum membeli tiket pesawat pastikan dulu keadaan politik dan keamanan lokasi tujuan. Hindari daerah yang berulang kali mendapatkan travel warning agar perjalananmu bebas dari rasa was-was.

TAGS : Travel Warning Perjalanan Liburan




TERPOPULER :