Minggu, 23/09/2018 21:22 WIB

Cara Mengontrol Emosi Dalam Diri

Selain kurang baik dari pandangan orang lain, emosi yang berlebihan juga tak baik terhadap kesehatan, bahkan bisa membuat Anda menderita penyakit serangan jantung

Ilustrasi marah

Jakarta – Salah satu sifat yang dimiliki dalam diri manusia ialah emosi. Terkadang banyak orang yang bisa mengendalikan emosinya hingga memberi efek buruk pada dirinya dan juga orang lain. Pasalnya, jika seseorang sedang emosi, maka ia akan meluapkan amarahnya secara berlebihan, bahkan orang-orang di seAndarnya pun akan terkena dampak dari hal tersebut.

Selain kurang baik dari pandangan orang lain, emosi yang berlebihan juga tak baik terhadap kesehatan, bahkan bisa membuat Anda menderita penyakit serangan jantung. Nah, jika Anda tak ingin mengalami hal tersebut, Anda bisa mengikuti tips mengontrol emosi sebagai berikut:

Belajar Lapang Dada Menerima Sesuatu

Salah satu cara untuk mengontrol emosi ialah dengan harus bisa bersikap lapang dada dalam menerima segala hal baik maupun hal buruk yang menimpa Anda. Jika Anda bisa berlapang dada maka semua yang Anda hadapi akan menjadi lebih mudah dan Anda bisa terhindar dari stress.

Belajar Memaafkan Orang Lain

Salah satu cara mengatasi amarah adalah dengan terbisa memaafkan kesalahan orang lain yang telah membuat diri Anda menjadi kesal. Sifap pemaaf juga akan membuat diri Anda mampu untuk menjaga hubungan baik dengan siapa pun, selain itu sifat pemaaf juga merupakan sifat yang terpuji.

Belajar Bersikap Tenang.

Jangan panik dalam menghadapi berbagai masalah dan persoalan dengan siapa pun, Belajarlah untuk tidak panik dengan cara bersikap tenang dalam menghadapi dan menyelesaikan segalanya. Karena jika Anda panis maka emosi pun juga akan beranjak naik.

Selalu Berpikiran Positif.

Agar emosi Anda tidak mudah terpancing karena beragam hal yang akan terjadi, Anda harus selalu berpikir positif dalam memandang dan menilai apa pun. Karena jika Anda berpikiran negatif terus yang ada malah timbul kecurigaan yang akan membuat emosi Anda naik.

Ingat Akibat Buruk dari Emosi

Jangan lakukan apa pun dan bertindak semaunya hanya karena mengikuti emosi Anda. Karena bisa menimbulkan dampak yang buruk karena Anda bertindak tanpa memikirkan efek yang akan terjadi belakangan.

TAGS : Tips Kehidupan Emosi




TERPOPULER :