Rabu, 02/12/2020 19:15 WIB

Hanya Belasan Menit, Kereta Baru Dubai Mampu Tempuh Jarak 140 km

Namun jalur kereta yang berbentuk polong tersebut, dirancang hanya mampu menampung sepuluh orang dalam sekali perjalanan dan hanya akan melakukan perjalanan pendek. 

Kereta Cepat Dubai

Jakarta - Sebuah perusahaan di Dubai, Virgin Hyperloop One, launching kereta dengan kecepatan mencapai 760mph (1.200 kmh). Transportasi tersebut mampu menempuh jarak sejauh 87 mil (140 km) hanya dalam waktu 12 menit, yang memakan waktu sekitar 90 menit jika menggunakan mobil. 

Kereta tersebut rencananya akan diluncurkan pada 2020, dengan jalur antara kota dan daerah tetangga Abu Dhabi. Tak hanya itu Otoritas Transportasi Jalan Dubai (RTA), yang menginginkan 25 persen dari semua perjalanan tanpa sopir pada 2030, meluncurkan rancangan hyperloop pada sebuah upacara di kota tersebut sebagai bagian dari partisipasinya di Bulan Inovasi UEA.

Demi membuat tranportasi dengan kecepatan tinggi itu, Hyperloop menggunakan sistem propulsi elektromagnetik demi mempercepat levitating pods melalui tabung hampa udara.

Namun jalur kereta yang berbentuk polong tersebut, dirancang hanya mampu menampung sepuluh orang dalam sekali perjalanan dan hanya akan melakukan perjalanan pendek. 

CEO Virgin Hyperloop One, Rob Lloyd mengatakan, sangat tidak sabar untuk meluncurkan teknologi terbaru tersebut dengan bantuan dari UEA dan RTA.

"UEA dan RTA adalah pendukung awal teknologi Hyperloop kami, jadi sangat menarik untuk meluncurkan pod Hyperloop Dubai dengan RTA," kata LIoyd dilansir Daylimail.

"Fokus kami di tahun 2018 akan melanjutkan kerja sama erat dengan RTA untuk maju ke tahap berikutnya dari proyek ini. Tujuan kami adalah untuk mengeksplorasi kelangsungan hidup jaringan Hyperloop UEA yang lebih luas." lanjutnya. 

 

TAGS : Dubai Kereta Cepat Hyperloop




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :