Selasa, 17/09/2019 04:00 WIB

Ups, Berlama-lama di Depan TV Bikin Cepat Mati

Pembekuan ini sering terjadi di kaki, bisa dislodge dan berjalana ke paru-paru, yang berpotensi kematian

Ilustrasi seseorang menonton televisi (Foto: UPI.com)

Jakarta - Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang menghabiskan terlalu banyak waktu di depan TV berisiko tinggi mengalami pembekuan darah di pembuluh darah mereka, kondisi yang disebut tromboemboli vena, atau VTE.

Pembekuan ini sering terjadi di kaki, bisa dislodge dan berjalana ke paru-paru, yang berpotensi kematian. Hal ini disebut pulmonary embolism. Serupa  dengan kasus terjadi di antara penumpang dalam penerbangan jarak jauh.

Dilansir UPI, peneliti dari University of Minnesota menyebutkan bahwa duduk dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan penggumpalan darah terbentuk, karena sirkulasi normal melalui kaki dan kaki terganggu.

Para peneliti menganalisis data dari lebih dari 15.000 orang Amerika, berusia 45 sampai 64 tahun, dalam sebuah penelitian jangka panjang yang dimulai pada tahun 1987. Sampai tahun 2011, hampir 700 kasus VTE telah terjadi di antara para peserta.

Mereka yang menonton televisi memiliki risiko 70 persen lebih tinggi untuk mengembangkan salah satu gumpalan daripada orang-orang yang tidak pernah atau jarang menonton TV. Risiko ini tetap tinggi bahkan setelah faktor seperti berat badan atau tingkat latihan diperhitungkan.

Dr. Maja Zaric, seorang ahli jantung intervensi di Lenox Hill Hospital di New York City mengatakan bahwa tidak diragukan lagi ada hubungan antara waktu yang dihabiskan untuk menonton TV dan kemungkinan seseorang mengalami penggumpalan darah, tapi dia berharap penelitian ini lebih spesifik tentang berapa banyak waktu menonton TV.

"Mungkin ada pandangan yang berbeda mengenai durasi menonton TV pengumpalan darah pada tubuh," kata Zaric.

"Ini adalah studi lain yang menunjukkan perlunya orang untuk lebih aktif secara fisik dan bugar, bergerak lebih banyak, dan pertahankan beratnya, dan mungkin kurang menonton TV," lanjutnya. 

TAGS : Tips Kesehatan Penelitian Menonton TV




TERPOPULER :