Kamis, 21/06/2018 11:32 WIB

Olimpiade Musim Dingin Jadi Saksi Sejarah Teknologi 5G

Olimpiade Pyeongchang tercatat sebagai olimpiade berteknologi paling tinggi dalam sejarah.

Ilustrasi Jaringan Internet 5G

Seoul - Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan ternyata tak hanya jadi ajang unjuk gigi para atlet seluruh dunia. Perhelatan olahraga yang berlangsung mulai 9 Februari 2018 hingga 25 Februari 2018 itu juga tercatat sebagai olimpiade berteknologi paling tinggi dalam sejarah.

Dilansir dari CNN, perusahaan raksasa semacam Samsung dan Intel langsung memamerkan teknologinya masing-masing, termasuk mobil tanpa pengemudi, stasiun virtual reality (VR), dan video streaming super cepat. Adapun mobil tanpa pengemudi Samsung dikendalikan oleh teknologi 5G, jaringan nirkabel yang sebentar lagi bakal diadopsi oleh operator seluler.

Pyeongchang, tempat diselenggarakannya Olimpiade Musim Dingin merupakan kota kecil yang hanya memiliki 44.000 penduduk. Kota ini dijadikan tempat untuk melakukan uji coba teknologi 5G di Korea.

"Kami ingin melihat seberapa banyak yang bisa dicapai di lingkungan komersial," kata analis perusahaan riset Gartner, Peter Liu.

Sementara Intel berharap bisa menyilaukan penggemarnya dengan teknologi dan cara baru menyaksikan olimpiade. Intel menyiapkan stasiun 5G untuk melacak pemain ski lintas negara, memasang puluhan kamera di arena es, dan menjadikan Olimpiade Musim Dingin ini disiarkan secara langsung seperti aslinya.

"Jadi pemirsa dapat mengontrol waktu, target, bahkan dari sudut mana mereka ingin melihat (pertandingan itu)," jelas General Manager Intel Rob Topol.

Hingga saat ini jaringan 5G masih terus dikembangkan oleh perusahaan teknologi dunia. Teknologi ini diperkirakan bakal 10 kali lebih cepat dibandingkan dari 4G.

TAGS : Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang Tekno 5G




TERPOPULER :