Kamis, 13/08/2020 18:43 WIB

3 Teori Bumi datar yang Terdengar Meyakinkan

Beberapa tahun terakhir, pandangan yang meyakini Bumi itu datar mengisi di berbagai sudut dunia maya

Iustrasi Bumi datar (foto: Twitter)

Jakarta - Beberapa tahun terakhir, pandangan yang meyakini Bumi itu datar mengisi di berbagai sudut dunia maya, mulai dari media sosial hingga pemberitaan.

Demi meyakinkan mereka yang masih bimbang, penganut Bumi datar memberikan teori dan argumentasi yang terdengar meyakinkan. Apa saja?

1. "Lihatlah di sekitar kamu"

Argumentasi yang paling sering dilontarkan oleh penganut Bumi datar ialah meyakinkan calon korbannya dengan pengalaman emipiris (nyata). Pendekatan ini dianggap berguna supaya seseorang mengandalkan informasi berdasarkan apa yang tampak.

Tapi sayang, penganut Bumi datar lupa, bahwa indera memiliki keterbatasan. Bila hanya sesuatu yang mewujud itu dianggap nyata, maka sebaiknya tak usah menggunakan Wi-Fi.

2. "Coba buktikan lengkungan Bumi!"

Gagasan penganut Bumi datar untuk membungkam pandangan umum dengan menguji teori yang menyebutkan bahwa Bumi itu bulat. Kalau memang bulat, seharusnya manusia bisa melihat lengkungan Bumi bukan?

Perlu diketahui, Bumi tampak datar bukan karena Bumi berbentuk datar, melainkan ukuran manusia sangat kecil dibandingkan ukuran Bumi. Ingin tahu lengkungan Bumi? Cobalah lihat dari atas atmosfer.

3. "Lihatlah gerakan Matahari"

Penganut Bumi datar tak pernah meyakini bahwa Bumi mengelilingi Matahari. Sebaliknya, mereka kembali ke zaman pra Galileo Galilei, masa di mana teori Geosentris (alam semesta mengitari Bumi) masih dipercayai oleh masyarakat.Salah satu buktinya ialah gerakan Matahari yang menyebabkan siang dan malam.

Nah, kalau sudah begini, bukti matematis dan observasi tak lagi bisa digunakan sebagai argumentasi untuk melawan teori Bumi Datar. Bagaimana menurut kalian?

TAGS : Bumi Sains Flat Earth Konspirasi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :