Jum'at, 26/04/2019 09:33 WIB

Ibu-ibu Catat! Tips Bantu Buah Hati Anda Sehat Sejak Usia Dini

 Ajari anak Anda jenis makanan apa yang sehat. Sebab, kebiasaan ini memberi mereka kepercayaan diri membuat pilihan yang baik.

Ilustrasi anak-anak sedang mengantri makan siang di sekolah

Jakarta - Catat! Penting membantu anak Anda membentuk kebiasaan makan sehat. Cobalah melakukan ini sejak mereka masih kanak-kanak, sebelum mereka mulai sekolah. Ajari anak Anda jenis makanan yang sehat. Sebab, kebiasaan ini mampu memberi kepercayaan diri mereka membuat pilihan yang baik.

Selain itu, jadilah contoh kuat di rumah untuk mempengaruhi pilihan yang mereka buat sekarang dan di masa depan. Jelaskan kepada anak Anda, pentingnya makan siang sehat. Karena ritual ini memberi mereka energi yang cukup untuk belajar dan aktif.

Tujuan makan siang disekolah adalah untuk menyediakan makanan sehat bagi anak-anak. Cek informasi nutrisi makanan yang disediakan oleh sekolah, lihat Program Makan Siang Sekolah Pangan dan Nutrisi Pangan Amerika Serikat (USDL). Banyak distrik sekolah di seluruh negeri mengubah program makan siang yang ber standar gizi USDA.

Siswa dapat memilih bebagai pilihan makan sehat yang menarik,  termasuk makanan pembuka vegetarian atau salad bar. Anda mungkin menyediakan makan siang anak Anda, meskipun sudah disediakan sekolah. Ini adalah pilihan yang lebih baik, terutama jika anak memiliki kebutuhan makanan khusus. Pastikan untuk memasukkan berbagai makanan sehat kesukaan anak Anda.

Misalnya, Anda bisa mengemasi buah segar, keripik atau pretzel, atau sayuran segar dengan salsa atau saus rendah kalori. Pastikan bahwa makanan yang dimakan buah hati Anda tetap seger.

Selain itu, penting menjaga makan siang anak Anda di bawah suhu yang aman. Periksa apakah sekolah anak Anda menyediakan pendinginan makan siang. Jika tidak, bungkus barang yang tidak memerlukan pendinginan. Atau barang yang bisa tetap dingin. Beberapa barang, seperti minuman dan yogurt, bisa dibekukan ddan dicairkan dengan aman di kotak makan siang. Gunakan termos untuk makanan panas.

Selain makan siang, beberapa sekolah menawarkan program sarapan atau makanan ringan. Hal ini sangat membantu bagi anak-anak yang tidak cukup makan di rumah. Anak-anak yang memulai hari dengan makanan enak akan membuat pilihan lebih sehat sepanjang hari. Makanan ini bisa disajikan di kafetaria atau di ruang kelas.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika Anda khawatir dengan pilihan makanan anak Anda di sekolah. Tinjau menu sekolah dengan mereka setiap minggu. Cari tahu hari apa mereka ingin makan siang di sekolah. Bicaralah dengan anak Anda tentang makanan dan minuman mana yang merupakan pilihan sehat. 

Hubungi dokter Anda jika Anda menganggap anak Anda kekurangan gizi. Anda juga harus menghubungi dokter Anda jika Anda yakin anak Anda kelebihan berat badan. Dokter Anda dapat membantu Anda menciptakan rencana makan yang sehat untuk anak Anda.

TAGS : Sehat Anak-anak




TERPOPULER :