Senin, 19/11/2018 09:49 WIB

Hati-hati! Usia 40 Tahun Rentan Terkena Kanker

Wong menambahkan, salah satu faktor terbesar membuat seseorang rentan terkena kanker ialah pola hidup yang tidak teratur.

Ilustrasi Kanker (foto: Google)

Jakarta - Ahli Onkologi dan Konsultan Spesialis dari The Cancer Center, Wong Seng Weng menyatakan seseorang yang berusia 40 tahun ke atas sangat rentan terkena kanker. Pasalnya, proses perjalanan kanker membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Menurut Wong, semua orang memiliki sel kanker pada tubuhnya, yang jika tumbuh abnormal maka dapat menyebar secara cepat ke seluruh tubuh.

“Sel kanker memiliki perkembangan yang abnormal, dapat menyebar dan menyerang sel normal Iain layaknya ‘teroris`, dan sel ini tidak memiliki waktu tenggat hidup. Jika sel teroris ini sudah menyebar ke organ-organ Iain, pemberantasan penyakit kanker secara tuntas sangat sulit dicapai,” ujar Wong.

Wong menambahkan, salah satu faktor terbesar membuat seseorang rentan terkena kanker ialah pola hidup yang tidak teratur, seperti memakan makanan kurang sehat dan mengandung bakteri.

“Gaya hidup adalah salah satu factor terbesar membuat seseorang terkena kanker, salah satunya merokok,” tambah Wong.

Wong menyarankan agar melakukan deteksi dini agar menghindari adanya sel kanker di dalam tubuh, yang mungkin saja bisa menyerang seseorang. Pasalnya penyebaran sel kanker sangat cepat, yang bisa menyebabkan kematian

“Perlu adanya deteksi dini, minimal sekali setahun agar memastikan diri tidak terserang kanker. Kanker yang berukuran 1 cm itu sudah mengadung satu miliar sel kanker,” tambahnya. 

TAGS : Kanker Tips Kesehatan




TERPOPULER :