Rabu, 16/10/2019 20:39 WIB

Kenapa ASI Baik Bagi Bayi? Ini Jawabannya

ASI mengandung banyak immunoglobulin yang berguna untuk pertahanan bayi melawan penyakit.
 

Ilustrasi ibu menyusui (foto:google)

Jakarta - Air Susu Ibu (ASI) merupakan makan sempurna dengan kandungan gizi terbaik bagi bayi yang belum dapat mencerna makanan padat.

Pasalnya, ASI mengandung banyak immunoglobulin yang berguna untuk pertahanan bayi melawan penyakit karena diproduksi melalui hormon prolaktin dan oksitosin setelah kelahiran bayi.

Berikut keunggula ASI dibanding susu formula, berdasarkan penelitian ilmuwan asal Iran, Dr. Ibrahim Amini :

Kaya Nutrisi

ASI merupakan makanan paling sesuai dengan tubuh anak. Sebab, selama sembilan bulan hidup di rahim ibu, janin memperoleh makanan yang disediakan oleh alat pencernaan ibu dan setelah lahir alat yang sama juga memproduksi air susu.

Alami dan Langsung

ASI dikonsumsi secara alami dan langsung dan oleh karena itu zat-zat nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak hilang. Berbeda dengan susu-susu lain, yang dari sisi higienis harus dilindungi dan bisa menyebabkan hilangnya nutrisi dalam susu.

Lebih Bersih

Air susu ibu langsung masuk ke dalam mulut anak dan tidak bersentuhan dengan wadah lain, hingga ASI lebih bersih dari makanan-makanan lain.

Terjaga dari Mikroba

ASI terjaga dari berbagai jenis mikroba pembawa penyakit. Berbeda dengan susu formula yang mempunyai kemungkinan tertular mikroba.

Selalu Fresh

Air susu ibu senantiasa dalam kondisi baru dan dalam suhu kehangatan yang sesuai. Berbeda dengan susu lain yang bisa rusak karena lama disimpan.

Tidak Ada Pemalsuan

Tidak ada pemalsuan pada air susu ibu, hingga akan selalu alami. Sementara susu lain sangat rentan dengan pemalsuan, yang membahayakan kesehatan bayi.

TAGS : Tips Kesehatan ASI Bayi




TERPOPULER :