Selasa, 21/05/2019 22:17 WIB

Begini Tips Berhemat ala Orang Jepang

Berhemat, sekilas memang gampang diucapkan, akan tetapi tak demikian dalam pengaplikasiannya.

Ilustrasi Uang

Jakarta - Berhemat, sekilas memang gampang diucapkan, akan tetapi tak demikian kenyataannya. Banyak sekali godaan dalam berhemat, terutama bagi kamu yang terbiasa hidup konsumtif.

Nah, supaya sukses berhemat dan menabung pundi-pundi rupiah, kamu bisa mengikuti trik yang dilakukan oleh orang Jepang. Apa itu?

Kakeibo, demikian namanya, merupakan teknik penghematan yang dapat membantu kamu berhemat. Kakeibo berbentuk seperti buku yang berisi tabel dan pesan-pesan inspiratif.

Cara kerja Kakeibo yakni memaksa kamu merencanakan keuangan setiap bulan, dan mendorong kamu menuliskan berapa banyak uang yang ingin dihemat. Biaya selama sebulan juga harus dibagi dalam beberapa kategori.

Sebelum mengisi Kakeibo, kamu dihadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:

1. Berapa uang yang kamu miliki?

2. Berapa besar kamu ingin berhemat?

3. Berapa pengeluaran kamu?

4. Bagaimana kamu bisa berhemat?

Dalam buku tersebut ada juga area untuk berefleksi, yang fungsinya adalah untuk melihat apakah kamu sudah menjalankan trik berhemat yang disarankan Kakeibo.

Metode ini konon dapat memangkas pengeluaran hingga 35 persen. Bahkan seorang ahli menghemat uang, Martin Lewis mengatakan langkah sederhana seperti itu dapat membuat seseorang cepat melunasi utang-uutang mereka.

TAGS : Trik Berhemat Menabung Uang




TERPOPULER :