Rabu, 21/08/2019 23:59 WIB

10 Strategi Menabung Uang Puluhan Juta dalam Setahun

Ada saja hal-hal yang membuat rencana menabung kamu menjadi berantakan.

Ilustrasi Uang

Jakarta - Ada yang punya rencana menikah tahun depan? Punya rumah? Atau jalan-jalan ke luar negeri? Semua itu pasti membutuhkan biaya besar. So, hal yang wajib kamu lakukan di awal tahun ini, mau tidak mau, ya menabung.

Tapi jangan salah, menabung tidak semudah kelihatannya. Ada saja hal-hal yang membuat rencana menabung kamu menjadi berantakan. Pola hidup konsumtif, contohnya.

Jangan putus asa. Kamu tidak sendirian. Godaan menabung kerap terjadi kepada mereka yang tidak terbiasa menabung sejak kecil. Tetapi, itu bukan tidak mungkin di lakukan. Di bawah ini terdapat beberapa strategi menabung yang bisa kamu lakukan. Apa saja?

1. Beli barang yang dibutuhkan

Bedakan antara keinginan dan kebutuhan. Dengan mengenai kedua hal itu, maka kamu bisa mengetahui mana barang yang sifatnya kebutuhan, atau hanya sekedar keinginan. Jika hanya sebatas keinginan, lebih baik kamu tahan dulu uangmu dari balik kantong.

2. Cari diskon

Jika keinginan belanja susah terbendung, yang kamu perlu lakukan ialah mencari diskon, atau memanfaatkan kupon yang kamu miliki. Ini akan menghemat belanja kamu.

3. Jual barang yang tidak diperlukan

Sudah ada banyak portal e-commerce yang saat ini menawarkan jual beli online. Coba, kamu pilah-pilah, barang yang tidak kamu perlukan di rumah. Kemudian, pasarkan barang tersebut secara online. Selain mengurangi jumlah barang di rumah kamu, juga bisa menambah pemasukan kamu bukan?

4. Sisihkan uang

Menyisihkan uang wajib dilakukan kalau kamu ingin cepat punya uang berlimpah dalam jangka waktu setahun. Bila kamu khawatir tidak dapat menyimpannya sendiri, kamu dapat meminta istri/suami, atau orang tua untuk menyimpannya sementara.

5. Setop kebiasaan buruk

Banyak kebiasaan buruk yang membuat kantong kamu terkuras, di antaranya merokok. Meskipun remeh, tapi kebiasaan merokok dapat membuat kamu mengeluarkan uang dengan intensitas yang lebih sering.

6. Jangan gunakan kartu kredit

Kebiasaan menggunakan kartu kredit membuat kamu gampang berbelanja. Menghabiskan uang yang tidak kamu miliki untuk berbelanja merupakan ide buruk saat kamu berusaha menabung. Sembunyikan kartu kredit kamu, supaya tidak tergiur menggunakannya.

7. Batalkan keanggotaan

Keanggotaan di gym, spa, dan lain sebagainya akhiri sesegera mungkin. Lebih baik berolahraga di sekitar rumah, dan memanfaatkan peralatan yang ada di dekatmu. Jika kamu juga berlangganan musik, video, atau televisi, sebaiknya dibatalkan dulu sementara waktu.

8. Makan di rumah

Ini penting untuk memuluskan rencana hematmu. Jangan terbiasa makan di luar, bila makan di rumah bisa membuat kamu lebih berhemat. Masaklah makanan sesederhana mungkin, namun tetap memperhatikan gizinya.

9. Jadi manajer yang baik

Kelolah uang kamu dengan baik. Jadi seorang manajer yang handal dalam mengatur pengeluaran dan pemasukan kamu. Kamu bisa menulis pengeluaran dan pemasukan di dalam buku catatan atau laptop.

10. Hindari produk bermerek

Tinggalkan pola hidup gengsi. Pilih produk termurah, dan jangan tergiur dengan produk bermerek. Sebab, jika mengikuti pola hidup seperti ini, uangmu akan ludes.

TAGS : Tips Menabung Cara berhemat Keuangan




TERPOPULER :