Rabu, 16/10/2019 19:48 WIB

Tingkatkan Kinerja Otak Itu Mudah, Cukup Jalan Santai

Studi tersebut mengungkapkan bahwa mereka yang berjalan lebih dari 4.000 langkah setiap hari memiliki area otak yang lebih tebal, hingga membantu menjernihkan pikiran.

ilustrasi pejalan kaki

Jakarta - Penelitian Universitas California menemukan manfaat jalan santai secara rutin bagi kesehatan otak manusia, khususnya bagi kalangan lanjut usia. Hal itu dinilai dapat meningkatkan fungsi kognitif otak seseorang.

Penelitian tersebut menyimpulkan, berjalan lebih dari 4.000 langkah dalam sehari (2 mil) dapat meningkatkan daya ingat seseorang, khususnya bagi kalangan lanjut usia yang rentan menderita gangguan daya ingat.

"Kami melihat bagaimana aktivitas fisik mempengaruhi ketebalan struktur otak dan juga kinerja kognitif orang dewasa khususnya usia 60 tahun," tulis Prabha Siddarth, peneliti asal Universitas California.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa mereka yang berjalan lebih dari 4.000 langkah setiap hari memiliki area otak yang lebih tebal, hingga membantu menjernihkan pikiran.

Tak hanya itu, pejalan kaki seperti itu menunjukkan fungsi kognitif yang lebih baik dari mereka yang berjalan kurang dari 4.000 langkah setiap harinya.

Penelitian itu menggunakan sampel 26 pria dan wanita berusia antara 61 dan 88 tahun. Hampir 70 persen adalah wanita. Meski tak ada yang menderita demensia, namun semua mengeluh tentang masalah ingatan.

Selama satu minggu, semua dilengkapi dengan accelerometer, untuk melacak pola aktivitas. Peserta kemudian dibagi menjadi dua kelompok, mereka yang berjalan lebih dari 4.000 langkah per hari dan mereka yang berjalan kurang. 

Kelompok yang kurang aktif lebih tua, pada usia rata-rata 77, dibandingkan dengan kelompok yang lebih aktif, pada usia rata-rata 68 tahun.

Selain itu, pemindaian otak MRI dilakukan dan setiap peserta menjalani tes kesehatan mental untuk menilai kemampuan ingatan, keterampilan belajar, keterampilan verbal, kemampuan penguasaan informasi, fungsi pengambilan keputusan dan kemampuan untuk melaksanakan suatu tugas.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang berjalan di atas 4.000 langkah per hari memiliki pengukuran otak yang lebih tebal di daerah hippocampus dan daerah sekitarnya. Secara kolektif, ketebalan otak yang lebih besar di daerah seperti itu memiliki ingatan yang lebih baik.

TAGS : Tips Kesehatan Jalan Santai Kinerja Otak




TERPOPULER :