Selasa, 15/10/2019 08:58 WIB

Olahraga Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa olahraga memang bermanfaat bagi orang dengan gangguan kognitif, 

ilustrasi jalan kaki (Foto: Upi.com)

Jakarta - Sebuah penelitian yang dilakukan American Academy of Neurology menyebutkan, rutin melakukan olahraga sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak, khususnya mengasah memori lebih tajam. 

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa olahraga memang bermanfaat bagi orang dengan gangguan kognitif, suatu kondisi di mana kemampuan berpikir dan ingatan memburuk. Hal itu biasanya sering terjadi seiring bertambahnya usia. 

"Menyenangkan bahwa olahraga dapat membantu meningkatkan daya ingat pada tahap ini, karena ini adalah sesuatu yang bisa dilakukan kebanyakan orang, dan tentu saja ini memiliki manfaat kesehatan secara keseluruhan," kata Dr. Ronald Petersen, peneliti berasal dari Mayo Clinic di Rochester, Minn, dan merupakan bagian dari American Academy of Neurology.

"Karena kerusakan kognitif ringan dapat berlanjut ke demensia, sangat penting bahwa kerusakan kognitif ringan didiagnosis sejak awal," lanjutnya.

Penelitian itu juga menemukan lebih dari 6 persen orang berusia 60an dan lebih dari 37 persen dari mereka yang berusia 85 dan bahkan lebih tua diperkirakan memiliki gangguan kognitif ringan.

"Jika Anda atau orang lain menyadari bahwa Anda pelupa dan mengalami masalah dengan tugas yang rumit, Anda harus menemui dokter Anda untuk dievaluasi dan tidak berasumsi bahwa itu hanya bagian dari penuaan normal," kata Petersen.

Dokter Anda juga dapat memeriksa apakah ada masalah kesehatan yang mungkin membatasi tujuan latihan Anda.

"Terkadang masalah memori adalah efek samping obat, gangguan tidur, depresi, atau sebab lain yang bisa diobati," Petersen menambahkan. "Penting untuk bertemu dengan dokter Anda untuk mengetahui akar masalahnya. Tindakan dini mungkin membuat masalah ingatan menjadi semakin parah."

Dilansir UPI, dokter menyarankan orang-orang dengan gangguan kognitif ringan untuk berolahraga secara teratur. Penelitian yang mendukung rekomendasi ini terbatas karena studi belum dilakukan dalam jangka panjang. Namun, penelitian enam bulan menunjukkan berolahraga dua kali seminggu memberi manfaat untuk meningkatkan daya ingat.

TAGS : Tips Kesehatan Olahraga Daya Ingat




TERPOPULER :